Info Haji

Pendaftaran haji berbasis "mobile" diterapkan di Ogan Komering Ulu

Pendaftaran haji berbasis "mobile" diterapkan di Ogan Komering Ulu

Jamaah calon haji Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumsel. (FOTO ANTARA/dok)

Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Ogan Komering Ulu Timur adalah yang pertama melayani pendaftaran ibadah haji bagi masyarakat di KUA Kecamatan Belitang menggunakan aplikasi
Palembang (ANTARA) - Kementerian Agama Kabupaten (Kemenag) Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan sekarang ini sudah menerapkan pendaftaran haji berbasis aplikasi "mobile" atau berjaringan.

Humas Kakanwil Kementerian Agama Sumsel, Saefudin Latief di Palembang, Kamis mengatakan, memang Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Ogan Komering Ulu Timur adalah yang pertama melayani pendaftaran ibadah haji bagi masyarakat di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Belitang menggunakan aplikasi.

Kasi PHU Ogan Komering Ulu Timur HM Husni saat dihubungi membenarkan perihal adanya pelayanan haji berbasis “mobile” itu.

Menurut dia, pelayanan ini merupakan sebuah terobosan yang dilakukan pihak Kemenag Ogan Komering Ulu Timur dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat yang akan melakukan pendaftaran ibadah haji.

“Kalau selama ini pendaftaran selalu dilakukan di Kantor Kemenag Martapura,ibu kota Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur dan mulai tahun ini kita upayakan proses pelayanan pendaftaran haji lebih mudah dan lebih dekat dengan mayarakat, khususnya daerah Belitang dan sekitarnya,“ kata dia.

Pendaftaran haji yang berbasis "mobile" itu merupakan sebuah upaya Kemenag dalam konsep jemput bola dan diharapkan akan mampu memberikan kemudahan kepada calon haji.

“Warga cukup membawa persyaratan haji, dan langsung menuju ke KUA Kecamatan Belitang, jika persyaratan dirasa sudah cukup, selanjutnya silahkan datang langsung ke KUA Belitang, petugas kita siap melayani setiap hari kerja dan jam kerja, “ katanya.

Dia mengatakan pada Rabu (31/7) sudah dua warga yang mendaftar yakni Wagiso Atmorejo dan Purnama Warti Binti Arjo Sumarto yang berasal dari Desa Bangsa Negara Kecamatan Belitang Madang Raya.

Dengan adanya pelayanan ini akan mampu memberikan kemudahan terkhusus masyarakat yang akan menunaikan rukun Islam yang ke-5 yaitu ibadah haji, kata Saefuddin Latief.

Sementara menurut pengakuan Purnama Warti, dengan adanya petugas pelayanan haji yang ditempatkan di KUA Belitang dirinya tidak perlu mengantri atau jauh jauh datang ke Kantor Kemenag.

“Tentu kami tidak lagi harus mengantri di Kemenag Martapura, kami juga tidak harus jauh jauh datang ke Kantor Kemenag di Martapura, terimakasih kepada Kemenag Ogan Komering Ulu Timur yang telah memberikan kemudahan kepada kami," katanya.


Baca juga: Akibat sakit, dua calon haji Ogan Komering Ulu batal berangkat

Baca juga: Daftar tunggu calon jamaah haji OKU sampai 13 tahun

Baca juga: Calon haji OKU diimbau gunakan masker antisipasi MERS-CoV Saudi

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

FPKHI tingkatkan jaminan kesehatan jemaah haji di tengah pandemi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar