Rembang (ANTARA News) - Partai Amanat Nasional (PAN) optimistis meraih 84 kursi di parleman atau sekitar 15 persen dari total kursi parlemen yang diperebutkan dalam Pemilu legislatif 2009.

"Dari 77 daerah pemilihan (Dapil) di seluruh Indoensia, minimal satu kursi di masing-masing Dapil tercapai," kata Ketua DPP PAN Soetrisno Bachir ketika mengunjungi KH Mustafa Bisri (Gus Mus) di kediamannya di Rembang, Jawa Tengah, Sabtu.

Soetrisno Bachir memperkirakan hanya di empat Dapil kemungkinan target suara PAN sulit dicapai, yakni Sulawesi Barat, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, dan Papua Barat.

Kekurangan tersebut, katanya, akan ditutup dari Dapil yang dapat meraih dua kursi, yakni Yogyakarta, Jambi, Sulawesi Tenggara, Jateng I, dan Jatim.

Daerah pemilihan lain yang dinilai berat bagi PAN adalah Dapil Jateng III, yakni Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan.

Namun, pihaknya optimistis dapat meraih suara terbanyak, sehingga masing-masing Dapil memberikan konstribusi suara agar dapat terwakili satu anggota di DPR.

Mengenai hasil survei dari pihak lain yang mengatakan perolehan suara PAN tidak banyak, Soetrisni mengatakan, metode penghitungan berdasarkan Pemilu legislatif dengan prosentase suara kurang tepat.

(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009