counter

PAN: Pendapat tokoh partai jadi referensi tentukan sikap politik

PAN: Pendapat tokoh partai jadi referensi tentukan sikap politik

Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional Amien Rais (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Sekretaris Jenderal DPP PAN Saleh Partaonan Daulay menilai pendapat para tokoh senior partai tersebut akan menjadi salah satu referensi dalam menentukan sikap politik yang akan diambil.

Karena itu menurut dia, Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan sedang memetakan dinamika politik yang berkembang untuk selanjutnya diselaraskan dengan masukan dan pandangan dari tokoh senior, kader, simpatisan, dan masyarakat.

Baca juga: Amien sebut PAN oposisi lebih bermartabat

Baca juga: Amien: Pertemuan Jokowi-Prabowo tidak bicarakan pembagian kekuasaan

Baca juga: PAN: Nasihat Amien Rais harus diperhatikan partai


"Ketua Umum DPP PAN memiliki peran penting dalam menentukan sikap politik PAN. Diharapkan, PAN akan mengambil keputusan terbaik yang membahagiakan semua pihak," kata Saleh di Jakarta, Minggu.

Hal itu dikatakannya menanggapi pernyataan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais yang menilai partai itu akan dianggap lebih bermartabat apabila menjadi partai di luar pemerintahan atau oposisi.

Saleh menilai Amien sebagai pendiri, tokoh senior dan Ketua Dewan Kehormatan PAN, berhak menyampaikan pandangan dan pemikirannya.

Menurut dia, pandangan dan pemikiran Amien tersebut sangat penting untuk didengar dan dijadikan referensi pengurus dan para kader, serta keputusan resminya akan dibahas dan ditetapkan di Rapat Kerja Nasional (Rakernas).

"Beliau menyampaikannya di luar kepentingan pribadi, karena itu, pendapat dan pemikiran tersebut bisa dikatakan sangat objektif dan didasarkan pada fenomena dan dinamika sosial politik yang ada," ujarnya.

Saleh mengatakan, apa pun keputusan PAN, tentu akan selalu mendengar aspirasi, masukan, dan pendapat masyarakat.

Sejauh ini menurut dia, sudah banyak aspirasi dan pendapat yang telah disampaikan, termasuk di antaranya agar PAN tetap berada di luar pemerintahan.

"PAN tentu akan berupaya sedapat mungkin untuk tetap dekat dengan masyarakat pemilihnya. PAN tidak mau mengecewakan mereka," katanya.

Selain itu menurut dia, pelaksanaan Rakernas PAN belum ditentukan, namun diharapkan dilaksanakan dalam waktu dekat karena untuk menghilangkan banyaknya spekulasi terkait sikap politik PAN pasca-Pemilu 2019.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Jadi oposisi, PAN dukung kebijakan pemerintah

Komentar