Saat ini LinkAja sudah kembali normal setelah akses ke aplikasi LinkAja mengalami gangguan akibat pemadaman listrik massal.
Jakarta (ANTARA) - LinkAja memastikan data para nasabah tetap aman saat aplikasi tersebut mengalami gangguan akibat pemadaman massal listrik pada Minggu (4/8) siang.

"Kami memastikan data nasabah tetap aman dan pengguna dapat menikmati beragam fitur dan layanan LinkAja seperti semula," ujar CEO LinkAja Danu Wicaksana dalam keterangan tertulis kepada Antara di Jakarta, Senin.

Danu menambahkan bahwa saat ini LinkAja sudah kembali normal setelah akses ke aplikasi LinkAja mengalami gangguan akibat pemadaman listrik massal.

"Terkait adanya keluhan mengenai gangguan ini, kami ingin menginformasikan bahwa LinkAja sudah dapat diakses secara normal," katanya.

Baca juga: Rayakan Kemerdekaan Indonesia, LinkAja gelar Festival Merdeka

Sebelumnya terjadi pemadaman listrik secara massal pada Minggu (4/8) siang yang menimpa tiga wilayah yakni Jabodetabek, Banten, dan Jawa Barat.

Pemadaman tersebut berawal dari gangguan beberapa kali pada Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500 kV Ungaran- Pemalang.

Pemadaman massal itu menyebabkan gangguan pada berbagai layanan publik, salah satunya adalah sinyal komunikasi seluler.

Sejumlah operator telekomunikasi seluler, seperti Telkomsel dan XL menyatakan bahwa jaringan selulernya turut terimbas oleh pemadaman massal yang terjadi.

Pemadaman itu juga turut berimbas terhadap layanan aplikasi tekfin pembayaran LinkAja.

Ketiadaan listrik ditambah terganggunya sinyal jaringan seluler menyebabkan sejumlah pengguna LinkAja dikabarkan mengalami kesulitan dalam mengakses layanan tekfin tersebut.

PT PLN (Persero) melakukan berbagai upaya untuk mengembalikan aliran listrik yang padam hingga akhirnya secara bertahap sekitar pukul 18.30 WIB gardu listrik berhasil diperbaiki.
Baca juga: BTN target transaksi LinkAja capai Rp2 triliun hingga akhir tahun

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019