Mbah Moen dianggap sebagai penjaga keseimbangan antara ormas-ormas Islam di Indonesia. Apalagi mbah moen dapat menyelesaikan dualisme kepemimpinan yang pernah terjadi di PPP
Jakarta (ANTARA) - Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Najamudin Ramli mengatakan almarhum KH Maimoen Zubair atau akrab disapa mbah Moen sebagai sosok pemersatu umat dalam berbagai hal.

“Selain sebagai mubaliqh dengan mengasuh pondok pesantren, beliau juga pimpinan Partai NU yang berubah menjadi Partai Persatuan Pembangunan (PPP),” kata Najamudin dihubungi di Jakarta, Selasa (6/8).

Selain itu, Mbah Moen juga dianggap sebagai penjaga keseimbangan antara ormas-ormas Islam di Indonesia. Apalagi mbah moen dapat menyelesaikan dualisme kepemimpinan yang pernah terjadi di PPP.

Mbah Moen sendiri adalah tokoh tetua di Partai Persatuan Pembangunan sekaligus Mustasyar Pengurus besar Nahdlatul Ulama. Dia wafat di tengah kegiatannya menunaikan ibadah haji memenuhi undangan Kerajaan Arab Saudi menggunakan kuota khusus.

Almarhum KH Maimoen Zubair dimakamkan di Pemakaman Ma'la Kota Mekkah pada Selasa, Jenazah diberangkatkan ke Masjidil Haram untuk dishalatkan usai shalat zuhur waktu setempat.

Baca juga: Keluarga rela Mbah Moen dimakamkan di Mekkah

Jama'ah asal Indonesia sudah menunggu sejak sebelum waktu shalat zuhur atau sesaat setelah jenazah diberangkatkan dari Kantor Urusan Haji Daerah Kerja Mekkah menuju masjidil haram.

Pemakaman Ma'la berlokasi di kampung asal Nabi Muhammad dan merupakan tempat dimana istri Nabi Muhammad SAW, Siti Khadijah, dimakamkan.

Kondisi pemakamannya berbeda dengan pemakaman pada umumnya di Indonesia. Kawasan pemakaman itu rata oleh pasir berwarna cokelat dengan dua batu sebagai penanda.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menginstruksikan jajarannya termasuk petugas haji untuk menggelar Shalat Ghaib bagi almarhum KH Maimun Zubair (Mbah Moen) yang wafat pada Selasa pagi.

"Saya minta seluruh petugas haji untuk menggelar Shalat Ghaib serta yasin dan tahlil setelah shalat dhuhur," kata Lukman di Mekkah, Arab Saudi sebagaimana siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa.

Dia juga menginstruksikan setiap jajaran di Kemenag dari pusat hingga tingkat terbawah untuk turut melakukan Shalat Ghaib untuk tokoh penting Nahdlatul Ulama itu.

"Untuk ASN Kanwil Kemenag agar menggelar Shalat Ghaib serta yasin dan tahlil setelah maghrib," katanya.

Baca juga: Pemakaman Mbah Moen dipadati jamaah haji asal Indonesia
Baca juga: Megawati dan kader PDIP berduka atas wafatnya Mbah Moen
Baca juga: Petugas haji berebut sentuh jenazah Mbah Moen


Pewarta: Fauzi
Editor: Ridwan Chaidir
Copyright © ANTARA 2019