Pittsburgh (ANTARA News) - Para pemimpin G20 telah setuju untuk merestrukturisasi ekonomi dunia dengan mengurangi ketimpangan antara negara-negara defisit berjalan besar dan mereka yang surplus, menurut rancangan komunike pertemuan G20, Jumat.

Menjelang puncak pertemuan para pemimpin ekonomi terbesar di dunia, eksportir besar seperti Jerman dan China telah setuju dengan debitur besar seperti Amerika Serikat tentang perlunya langkah-langkah untuk tujuan keseimbangan ini.

Namun rancangan komunike pertemuan terakhir, dilihat oleh AFP, menyatakan bahwa anggota siap untuk mendukung rencana yang akan melihat sendiri China mendorong rakyatnya untuk menghabiskan lebih banyak uangnya di dalam negeri dan Amerika Serikat untuk mengurangi defisit.

"Kami menyadari bahwa proses untuk memastikan lebih seimbang pertumbuhan global harus dilaksanakan secara tertib. Semua anggota G20 sepakat untuk mengatasi kelemahan masing-masing ekonomi mereka," kata kesepakatan.

"Anggota G20 dengan berkelanjutan, defisit eksternal yang signifikan menjanjikan untuk melaksanakan kebijakan mendukung tabungan pribadi dan melakukan konsolidasi fiskal sambil mempertahankan pasar terbuka dan memperkuat sektor ekspor.

"Anggota G20 dengan berkelanjutan, defisit eksternal signifikan menjanjikan untuk memperkuat sumber pertumbuhan domestik," tulisnya.

Para pemimpin G20 mengumumkan hasil dari KTT dua-hari di Pittsburgh kota AS pada Jumat. (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009