Jakarta (ANTARA News) - Toyota Yaris menjadi mobil terbaik di penghargaan mobilmotor "Indonesia Car of The Year" (ICOTY) 2009.

"Penjurian penghargaan tahunan ini berdasarkan uji kendaraan hingga yang paling ekstrim," kata Presiden Direktur PT Infomedia Indonesia, Mario Alisjahbana, pada penyerahan penghargaan ICOTY 2009 di Jakarta, Selasa malam.

Mario mengungkapkan bahwa pengujian terhadap 31 mobil dalam tujuh hari berturut-turut secara ekstrim bertujuan agar konsumen tidak perlu ragu.

Berbagai pengujian yang dilakukan tujuh juri independen yang kompeten dalam dunia otomotif seperti Soehari Sargo, meliputi uji emisi, visibilitas, bahan bakar, ruang kabin, audio, city orientation, performa, hingga pencahayaan di malam hari.

Hasilnya, Toyota Yaris 1.5 S Automatic Transmition (A/T) menjadi mobil terbaik ICOTY 2009. Dengan kelebihan fitur yang "berlimpah" dan harga yang terjangkau, katanya.

Sementara itu, Presiden Direktur Toyota Astra Motor (TAM), Johny Darmawan usai memperoleh penghargaan mengaku cukup bangga mengingat penilaian didasarkan pada penjurian teknis.

"Kaget juga, karena ternyata pilihan bukan dari pilihan konsumen atau istilahnya `brand image`, tapi karena penjurian teknis," ujar Johny.

Ia mengatakan masuknya Yaris ke Indonesia bukan tidak ada hambatan, mengingat kedatangannya terlambat. Namun demikian pada akhirnya perbaikan-perbaikan yang diberikan pada mobil mini "multi purpose vehicle" (MPV) membuatnya menjadi istimewa.

"Saya memang merasa istilah `value for money` akhirnya menempatkan Yaris menjadi yang terbaik. Dengan harga terjangkau tetapi fitur yang ditawarkan sangat banyak," tambah Johny.

Menurut dia, pangsa pasar Yaris di segmen mini MPV saat ini memang menempati urutan dua sesudah Honda All New Jazz.

Pemenang ICOTY 2009

Mini MPV terbaik Toyota Yaris A/T. Small Van terbaik Daihatsu Luxio A/T, dan Small MPV terbaik Nissan Grand Livina.

Untuk premium MPV terbaik New Mazda5. Sedangkan Compact Sedan terbaik Honda All New City A/T, Medium Sedan terbaik Toyota All New Corola Altis, sedan terbaik Nissan New Teana.

Selanjutnya "Sport Utility Vehicle" (SUV) 4x2 terbaik Nissan New X-Trail 2.4 A/T, SUV Diesel terbaik Toyota New Fotuner A/T Diesel.

Untuk kabin ganda terbaik Toyota Hilux 4x4 A/T. Sedangkan eksklusif luxury sedan terbaik ditempati BMW.

Toyota New Prius, Mercedes Benz E350 Coupe, New Karimun Estilo menjadi mobil terbaik Exhibition.

Sementara untuk mobil aqustic terbaik ditempati New Mazda5, mobil tercepat BMW 750Li, dan mobil berbahan bakar irit ditempati Grand Livina. Sedangkan ban terbaik diperoleh Achilles.

Dan mobil terbaik versi ICOTY 2009 yakni Toyota Yaris 1.5 S A/T.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009