San Francisco (ANTARA News/AFP) - Raksasa komputer AS Hewlett-Packard pada Rabu mengumumkan bahwa mereka telah setuju untuk membeli perusahaan jaringan 3Com seharga 2,7 miliar dolar.

Raksasa komputer yang berbasis di California mengatakan, pembelian 3Com kemajuan suatu strategi bisnis menawarkan paket-paket yang menggabungkan server pusat data, penyimpanan, jaringan, manajemen dan jasa.

"Dengan memperoleh 3Com, kita mempercepat pelaksanaan strategi mengumpulkan infrastruktur yang mengganggu kami dan membawa perubahan ke jaringan industri," kata general manager HPserver dan jaringan perusahaan Dave Donatelli.

Penawaran pengambilalihan telah disetujui oleh dewan direksi HP dan 3Com .

Berdasarkan syarat-syarat perjanjian, pemegang saham 3Com akan mendapatkan 7,9 dolar per saham saham biasa. Akuisisi ini diharapkan ditutup pada paruh pertama tahun depan setelah melalui persetujuan regulator.

3com telah tumbuh menjadi perusahaan global 1,3 miliar dolar yang berspesialisasi dalam jaringan komputer perusahaan sejak didirikan di negara bagian AS Massachusetts pada tahun 1979.

Merek 3com meliputi H3C di China dan TippingPoint komputer keamanan bisnis.

"Perluasan lini produk dan teknologi inovatif bersama-sama dengan HP dan skala akan memperluas kesempatan global kami," kata kepala eksekutif 3Com Bob Mao.

"Produk perusahaan kami terbukti dan digunakan secara luas di bank terbesar dunia, manufaktur, penyedia layanan Internet, utilitas umum dan pengecer."

3Com HP memperkirakan akuisisi secara signifikan memperkuat perusahaan berbasis di California, posisi di pasar China yang berkembang pesat.

"Kami yakin bahwa kami dapat menjalankan seluruh bisnis global ditambah 300.000 karyawan, termasuk data center generasi berikutnya, sepenuhnya pada solusi jaringan HP baru," kata kepala informasi HP Randy Mott.

"Berdasarkan pengalaman kami dan pengujian luas produk 3Com, kami merencanakan untuk melakukan peluncuran global HP sesegera mungkin setelah penyelesaian akuisisi."(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009