Jakarta (ANTARA) - Banyak orang yang mengenal jenama Leica berkat produk kameranya yang ciamik, tapi tahukah anda bahwa jenama ini juga merambah ke pasar smartphone?

Ya tidak saja berkolaborasi dengan perusahaan-perusahaan teknologi seperti Huawei dan Xiaomi untuk memperkuat lini kamera mereka, Leica juga sebenarnya memiliki lini ponsel pintar bernama Leitz yang namanya diambil dari pendiri Leica yaitu Ernest Leitz.

Dalam laporan GSM Arena, Kamis (11/4), ponsel pintar ini mulai dikenalkan pada 2021 dengan nama Leica Leitz Phone 1 dan kini di 2024 perangkat tersebut kembali hadir sebagai Leitz Phone 3 dengan menggunakan dapur pacu Snapdragon 8 Gen 2.

Baca juga: Xiaomi dan Leica kolaborasi hadirkan institut khusus optikal

Chipset yang diusung memang diperuntukkan untuk ponsel kelas atas namun bukan yang terbaru.

Untuk Leitz Phone 3 ini hanya ditawarkan untuk pasar Jepang dan tidak dirilis secara global, meski begitu cukup menarik karena ponsel pintar ini memiliki tampilan yang sangat mirip dengan desain kamera Leica.

Dari segi kameranya, Leitz Phone 3 hadir dengan kamera utama 47,2 MP dengan sensor 1 inci. Kamera ini hadir dengan lensa setara 19mm f/1.9.

Di bagian depan terdapat kamera selfie 12,6 MP dengan aperture f/2.3 dan bidang pandang 78 derajat.

Baca juga: HP flagship Xiaomi kolaborasi Leica segera meluncur, cek harganya

Membahas layar, perangkat ini dilengkapi dengan layar OLED 6,6 inci 240 Hz dengan resolusi 1260×2730 dan kecerahan maksimum 2.000 nits.

Leitz Phone 3 memiliki RAM 12 GB dan penyimpanan 512 GB yang dapat ditingkatkan, serta baterai 5.000 mAh.

Perangkat ini mengantongi sertifikasi IP65 dan IP68 untuk ketahanan terhadap debu dan air seperti generasi sebelumnya.

Perangkat ini dibuat oleh Sharp, yang ketersediaannya hanya ada di Jepang.

Dari segi fitur, Leitz Phone 3 dilengkapi dengan widget "Golden Hour", fitur ini memberi tahu pengguna satu jam sebelum matahari terbenam dan setelah matahari terbit sehingga pengguna dapat segera keluar dari tempatnya dan mengambil beberapa gambar spektakuler.

Baca juga: Seberapa canggih kamera Leica pada Xiaomi 13T?

Ada juga widget lain yang terus memutar gambar dari galeri internasional Leica, menampilkan gambar-gambar yang diambil dengan kamera Leica oleh fotografer sebenarnya.

Ponsel pintar ini juga mendebutkan fitur "Leica Perspective Control", fitur yang mengoreksi perspektif garis vertikal seperti yang terlihat saat pengguna memotret bangunan. Sejauh ini hanya terbatas pada kamera Leica.

Dari sisi desain, ponsel pintar ini bakal memiliki penutup lensa untuk kameranya dan casing yang serasi.

Leitz Phone 3 tersedia secara ekslusif di Jepang pada 19 April 2024.

Baca juga: Xiaomi 13T hadirkan Leica dalam bentuk "software" dan "hardware"

Baca juga: Xiaomi 13T segera hadir dengan Leica Authentic Experience

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024