Makassar (ANTARA News) - Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA menggelar pameran foto yang mengusung tema "Demokrasi Langsung" di Mal Ratu Indah (MaRI), Makassar dalam rangkaian tur (roadshow) pada 20 - 27 November 2009.

"Pembukaan pameran dilaksanakan pada Jumat (20/11) pukul 16:00 Wita dan akan dihadiri Dirut ANTARA, Direktur Foto ANTARA, dan Direktur Lembaga Pendidikan Jurnalistik ANTARA (LPJA)," kata panitia pameran foto ANTARA, Himawan, di Makassar, Kamis.

Dia mengatakan, pameran foto yang digelar di MaRI selama sepekan itu merupakan bagian dari rangkaian tur dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 LKBN ANTARA.

Khusus kegiatan pameran foto yang menampilkan sedikitnya 40 foto pilihan terkait dengan tema pemilihan umum (pemilu) legislatif serta
pemilihan presiden dan wakil presiden itu akan dirangkai dengan peluncuran portal foto www.antarafoto.com.

Adapun nilai yang akan ditawarkan dalam pameran foto itu, katanya,
ingin menyampaikan fenomena di lapangan tentang sisi-sisi demokrasi di Indonesia yang pada periode 2009 terdapat dua momentum yang sangat spesial bagi bangsa dan negara.

"Melalui pameran 'Demokrasi Langsung' yang dikemas dalam pemilihan langsung itu ingin mengungkapkan bahwa suara rakyat adalah suara Tuhan, apakah hal itu juga ada di Indonesia," katanya.

Sementara itu, Kepala Perum LKBN ANTARA Biro Utama Provinsi Sulawesi Selatan Fredrich C. Kuen mengatakan Kota Makassar adalah kota keempat dari enam kota di Indonesia yang menjadi lokasi roadshow, setelah Jakarta, Surabaya, dan Medan, kemudian dilanjutkan ke Kota Denpasar dan Yogyakarta.

"Selain pameran foto, juga digelar kuliah umum di Fisip Universitas Hasanuddin (Unhas) pada hari yang sama, sedangkan workshop jurnalistik dan fotografi bertempat di kampus Pascasarjana Bidang Studi Komunikasi Unhas yang berlangsung Sabtu (21/11)," katanya.

Berkaitan dengan hal tersebut, ia mengimbau agar warga Kota Makassar dan sekitarnya dapat memanfaatkan momentum itu untuk menimba ilmu, sekaligus menyimak dinamika proses demokrasi di Indonesia melalui pameran foto yang digelar di MaRI.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009