New York (ANTARA News) - Si Ratu Bincang Amerika, Oprah Winfrey (55 tahun), segera mengakhiri program bincang-bincang di stasiun televisi ABC "The Oprah Winfrey Talk Show", yang telah membawanya menjadi salah satu orang paling berpengaruh di AS.

Oprah akan mengakhiri penampilannya di program itu pada September 2011 mendatang.

Menurut laporan media, Kamis, berakhirnya talk show itu dikarenakan Oprah akan meluncurkan jaringan televisi kabelnya sendiri yang dinamai The Oprah Winfrey Network atau OWN pada 2011 mendatang.

OWN merupakan perusahaan patungan Oprah dengan Discovery Communications dan direncanakan akan menggantikan saluran televisi Discovery Health Channel yang melayani sekitar 70 juta rumah di AS.

"The Oprah Winfrey Talk Show" yang telah muncul sejak 1986 itu disebut-sebut sebagai acara bincang-bincang paling sukses di jaringan televisi yang dibuat ABC.

Acara itu telah membuat Oprah menjadi salah satu orang terkaya di AS dan majalah Forbes memperkirakan jumlah kekayaan bersih yang dimiliki Oprah saat ini mencapai 2,7 miliar dolar atau sekitar 25,6 triliun Rupiah.

Menurut laporan New York Times, OWN akan mulai mengudara pada Januari 2011 dan Oprah akan mulai berkonsentrasi mengurus proyek barunya itu.

Pembawa acara yang sukses menggaet tokoh-tokoh besar maupun kontroversial untuk diwawancarai di "The Oprah Winfrey Show"--termasuk almarhum Michael Jackson serta diva musik pop yang baru saja menyatakan kembali ke dunia musik setelah `menghilang` selama bertahun-tahun, Whitney Houston-- itu disebut-sebut tidak akan memboyong acara tersebut ke OWN.

Di OWN, ia kemungkinan akan memproduksi dan muncul sesekali di program-program baru. (*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009