Yogyakarta (ANTARA News) - Sekitar 80 persen penduduk desa di seluruh Indonesia diperkirakan akan pindah dan bermukim di kota dalam 10 tahun mendatang, kata Ketua Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I4) Nasir Tamara.

"Perpindahan penduduk desa ke kota di Indonesia terutama terjadi di Pulau Jawa. Perpindahan itu disebabkan adanya globalisasi, kemudahan hidup dengan adanya mal, sekolah, dan fasilitas yang lebih baik di kota," katanya di Yogyakarta, Rabu.

Oleh karena itu, menurut dia, di wilayah perdesaan juga harus dilakukan penataan. Misalnya, perencanaan yang lebih tertata di bidang pertanian maupun perkebunan, hingga pemanfaatan lahan-lahan pertanian yang masih kosong di luar Pulau Jawa secara komprehensif.

"Untuk itu, jangan hanya ada kebun kelapa sawit, tetapi juga harus ada pabrik atau industri mobil, sehingga bisa terpadu," kata Nasir yang juga anggota Architectural Association (AA) Asia.

Ia mengatakan upaya mengajak masyarakat untuk kembali ke desa merupakan sesuatu yang sulit dilakukan. Hal itu karena perencanaan pembangunan struktur ekonomi yang dilakukan selama ini keliru.

Kondisi tersebut, menurut dia menyebabkan masyarakat cenderung bersifat konsumtif dan masuk dalam perangkap kemiskinan.(ANT/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010