Singapura (ANTARA News) - Dana Moneter Internasional (IMF) memperingatkan negara-negara di Asia pada Rabu tentang mengenai kemungkinan imbas dari krisis utang Eropa.

"Perkembangan merugikan di Eropa dapat mengganggu perdagangan global, dengan implikasi untuk Asia masih diberikan peran penting dari permintaan eksternal," wakil direktur IMF Naoyuki Shinohara mengatakan pada sebuah forum di Singapura dikutip AFP.

Di sektor keuangan, katanya, masalah kredit utama bisa mengakibatkan "imbas signifikan" melalui saluran pendanaan, terutama ketika bank tergantung pada pendanaan grosir.

Krisis ini juga meningkatkan potensi ketidakpastian dan volatilitas pada prospek arus modal, Shinohara mengatakan pada forum yang diselenggarakan oleh Otoritas Moneter Singapura, bank sentral "de facto".

Dia mengatakan, prospek pertumbuhan Asia cerah, bersama dengan suku bunga rendah di ekonomi-ekonomi utama, kemungkinan akan menarik lebih banyak modal yang bisa "menyebabkan risiko overheating pada sejumlah negara jika tindakan kebijakan yang tepat tidak diambil."

"Di lain pihak, peningkatan lebih lanjut dalam penghindaran risiko (risk aversion) global bisa mengakibatkan arus modal mengubah arah dengan cepat."

Asia mengalami krisis keuangan yang parah di akhir 1990-an setelah pinjaman untuk berfoya-foya memicu volatilitas mata uang, mengakibatkan runtuhnya bank dan perusahaan di seluruh kawasan yang paling padat penduduknya di dunia.

Wilayah ini juga menderita dari resesi global yang dipicu oleh keruntuhan pasar perumahan AS dua tahun lalu, tetapi sekarang memimpin pemulihan.

Shinohara mendesak pemerintah Asia untuk waspada terhadap potensi resiko dari krisis Eropa dan siap untuk mengambil tindakan yang tepat.

"Kuncinya menjadi untuk pembuat kebijakan mengawasi gambaran yang lebih besar dan siap untuk bertindak cepat ketika perkembangan terungkap," katanya.

"Dengan kekuatan pertumbuhan ekonomi Asia, pilihan-pilihan kebijakan yang dibuat di kawasan ini akan memiliki dampak penting terhadap ekonomi global," katanya.

Yunani berada di pusat krisis utang yang mengancam untuk meningkatkan penyebarannya di zona euro dan telah menarik turun mata uang tersebut ke posisi terendah empat tahun terhadap dolar dan terendah delapan tahun terhadap yen.

Shinohara mengatakan ada risiko bahwa masalah utang pemerintah yang sedang dialami beberapa negara zona euro bisa berimbas kepada lainnya.

Dia mengatakan posisi fiskal yang kuat dari perekonomian sebagian besar Asia menyediakan "ruang" untuk merespon secara fleksibel terhadap krisis Eropa.

"Dalam hal imbas dari Eropa, ada ruang yang cukup di sebagian besar ekonomi Asia untuk menghentikan sementara penarikan stimulus fiskal."

Dalam sesi tanya-jawab, Shinohara mengatakan "kita perlu melihat

situasi yang sangat hati-hati dan mengambil tindakan yang diperlukan."

Shinohara mengulangi komentar sebelumnya oleh Kepala IMF Dominique Straus-Kahn bahwa ada sedikit alasan untuk kekhawatiran atas kesengsaraan fiskal Hongaria, yang telah ditempatkan dalam sorotan setelah komentar dua tokoh politik senior di Budapest tentang keadaan kas nasional.

"Saya pikir situasi yang jauh lebih tenang dan tidak ada perlu terlalu dikhawatirkan pada saat ini," kata Shinohara.

IMF mengirim kepala misi baru untuk Hongaria, Christoph Rosenberg, untuk Budapest pada Senin untuk membahas situasi ekonomi dan prospeknya.

(Uu.SYS/A026/A023/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010