Kiev (ANTARA) - Misi dari Dana Moneter Internasional (IMF) dijadwalkan untuk memulai diskusi kebijakan dengan otoritas Ukraina pada Rabu.

Perwakilan IMF untuk Ukraina Vahram Stepanyan mengatakan tim IMF akan dipimpin oleh Kepala Misi IMF untuk Ukraina Gavin Gray.

"Sebuah misi IMF, yang dipimpin oleh Gavin Gray, memulai diskusi kebijakan hari ini dengan otoritas Ukraina mengenai program potensial yang didukung IMF," kata Stepanyan dalam pernyataan singkat, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Pejabat Ukraina mengatakan mereka berharap untuk menyetujui program multi-tahun senilai 15 miliar dolar AS (sekitar Rp231,7 triliun) dengan IMF, yang bisa menjadi paket pinjaman terbesar bagi negara itu sejak invasi besar-besaran Rusia setahun lalu.

Bank sentral Ukraina berharap untuk program empat tahun yang akan disusun dalam dua tahap--selama perang dan setelah perang.

"Kami bertujuan untuk mencapai kesepakatan dengan misi IMF mengenai program perpanjangan pembiayaan selama Maret dan menyerahkan kesepakatan untuk pertimbangan dewan direksi IMF," kata gubernur bank sentral Andriy Pyshnyi dalam sebuah pernyataan.

"Kami bertekad untuk melakukan diskusi yang produktif dan mencari solusi bersama," ujar dia.

Sumber: Reuters
Baca juga: IMF bakal temui pejabat Ukraina di Warsawa pekan depan
Baca juga: IMF siapkan misi bantuan ke Ukraina, desak tak kikis pendapatan pajak
Baca juga: IMF pangkas perkiraan pertumbuhan global, karena perang Rusia-Ukraina

Penerjemah: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023