Miami (ANTARA News) - Ketika tiba waktunya untuk mengalahkan Heat, tidak ada klub NBA yang tampil sebagaimana Dallas Mavericks, yang mengakhiri laju kemenangan Miami 12 kali berurutan dalam kompetisi NBA.

Pemain bintang dari Jerman Dirk Nowitzki mencetak 26 poin dan Jason Terry menambah 19 poin pada kuarter keempat ketika memenangkan Mavericks 98-96, Senin, merupakan kemenangan reguler ke-14 berurutan atas Miami sejak 2004.

Heat, yang kemenangannya terjadi beruntun setelah kalah atas Dallas, memiliki catatan rekor 14-2 pada awal pertandingan dan pemain bintang Miami LeBron James dibuat tidak mampu mencetak satu angka pun pada paruh waktu pertama, ketika tim Mavericks membuat dingin penampilan keras Miami malam itu.

"Saya tidak ada melakukan strategi besar," kata pelatih Mavericks Rick Carlisle, "Kami hanya mencoba bermain basket secara solid dan kami berusaha memenangi pertandingan sebanyak mungkin."

Dallas menghentikan laju 12 pertandingan pimpinan klasemen NBA San Antonio bulan lalu dan Mavericks juga menhentikan delapan kemenangan New Orleans, tujuh dilakukan Utah dan lima oleh Boston serta Oklahoma City, pada musim ini.

"Kami penghancur tim," kata Terry, yang bersama Mavericks ketika mereka kalah atas Miami di Final NBA pada 2006.

Heat terpaut dengan lawannya satu poin sebanyak empat kali pada akhir kuarter keempat, tetapi Dallas tidak pernah berhenti menekan lawan terlebih setelah Terry menemukan peluang melakukan tembakan, membuat lemparan "6-dari-10" dari lapangan.

"Kami ungul pada penentuan di kuarter keempat," kata Nowitzki, yang melakukan lemparan "0-bagi-5" pada menit akhir, "Tapi Terry yang hebat pada menit akhir. Ia hebat."

Dwyane Wade melakukan lemparan tiga angka dengan sisa waktu 0,8 detik tetapi angka mereka semakin dekat.

"Mereka akhirnya dapat membuat angka nyaris seimbang," kata James.

Wade mencetak 22 poin sedangkan James dan Chris Bosh masing-masing menyumbang 19 poin untuk Heat. James dan Bosh bekerja sama dengan Miami sebelum kompetisi bergulir dan bersama Wade menjadi trio maha bintang yang amat diharapkan dalam tim itu.

Kemenangan beruntun itu memberi pemandangan pertama bagi permainan tiga pemain berbakat itu dan Heat, yang memiliki rekor 21-9, malah akan menjadi tambah kuat, kata Wade memperingatkan.

"Dari tahun ke tahun kami tampil semakin bagus, meningkat ke jenjang elit," kata Wade, "Para pemain sudah bersatu dalam waktu lama, mereka akan semakin kuat."

Caron Butler menyumbang 13 poin untuk Mavericks sedangkan Shawn Marion mencetak 13 rebound dan Tyson Chandler 10 rebound untuk Dallas, yang rekornya membaik menjadi 22-5. Mario Chalmers menambah 13 poin untuk Heat.

James dan Bosh ke bangku cadangan ketika Dallas memimpin 23-10 dan bangkit lagi setelah Heat menambah 17 poin angka mereka. Wade menambah sembilan poin dan selanjutnya melakukan lemparan tiga angka. (*)

AFP/A008A016

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010