Padang (ANTARA News) - Pertandingan final piala AFF 2010 yang akan digelar di stadiun Bukit Jalil Malaysia pada (26/12) membangkitkan semangat nasionalisme dikalangan mahasiswa Indonesia yang tengah menuntut ilmu di negeri jiran tersebut.

"Mahasiswa Indonesia di Malaysia yang jumlahnya mencapai 16 ribu orang sangat antusias menyambut laga final AFF 2010 leg pertama Indonesia melawan Malaysia," kata Ridwan, mahasiswa Indonesia asal Sumatera Barat yang menuntut ilmu di Universitas Kebangsaan Malaysia, Jumat melalui telepon dari Padang.

Menurutnya, sambutan kawan-kawan mahasiswa Indonesia sangat luar biasa, pertandingan tersebut menjadi pembicaraan hangat dikampus-kampus.

"Tidak hanya itu, didunia maya dukungan mahasiswa Indonesia juga mengalir begitu kuat kepada tim nasional melalui mailing list PPI dan situs jejaring sosial facebook," kata dia.

Bahkan organisasi Pesatuan Pelajar Indonesia (PPI) di Malaysia turut memfasilitasi pembelian tiket bagi mahasiswa yang hendak menonton langsung laga tersebut di stadion Bukit Jalil Kuala Lumpur melalui Kedutan Besar Republik Indonesia di Malaysia.

"Meskipun harus berebut tiket dengan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) antusiasme mahasiswa sangat tinggi untuk menyaksikan langsung pertandingan," lanjut Ridwan yang juga kordinator Sumber Daya Manusia (SDM) PPI, Universitas Kebangsaan Malaysia.

Memeriahkan suasana, PPI akan membuat banner bendera Indonesia dan akan memakai kostum warna merah yang merupakan pakaian tim nasional yang dikirim dari Jakarta. lanjut Ridwan yang juga kordinstor Sumber Daya Manusia PPI Universitas Kebangsaan Malaysia.

"Mahasiswa Indonesia optimis tim nasional akan memperoleh kemenangan pada pertandingan mendatang, apalagi para tenaga kerja Indonesia dan mahasiswa akan memberikan dukungan penuh sebagai penonton," lanjut dia.

PPI juga akan memfasilitasi bus bagi rekan-rekan mahasiswa menuju stadion Bukit Jalil karena dikhawatirkan akan sangat padat dan juga untuk menjaga kekompakan suporter.

"Jika menggunakan monorail atau bus umum akan sangat padat dan susah mencapai lokasi," kata dia.

Mahasiswa Indonesia juga berencana menyaksikan langsung tim nasional berlatih guna memberikan dukungan.(*)
(ANT-207/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010