Maybrat (ANTARA) - Satgas TNI Yonif 133/YS bersama siswa-siswi dan tenaga pengajar SD YPK Emaus Susumuk, Kabupaten Maybrat, Papua Barat Daya mengibarkan bendera Merah Putih dalam upacara benderan guna meningkatkan sikap nasionalisme dan memperkokoh nilai kebangsaan di wilayah itu.
 
Danpos Susumuk Letda Inf Kardono Manulang di Maybrat, Senin, menjelaskan nilai nasionalisme kebangsaan NKRI harus terus ditumbuhkembangkan kepada anak didik di tingkat pendidikan SD sehingga rasa itu tetap tertanam dalam sanubari mereka.
 
"Jadi selain mendalami ilmu tentang sikap nasionalisme di bangku pendidikan, tetapi perlu juga diwujudkan melalui upacara bendera Merah Putih secara bersama," jelas Danpos Susumuk Letda Inf Kardono.
 
Dia pun mengajak seluruh lapisan masyarakat yang ada di wilayah binaan Pos Susumuk Satgas Yonif 133/YS agar selalu mencintai tanah air Indonesia melalui kegiatan positif seperti mengajak anak sekolah melaksanakan kembali upacara bendera Merah Putih.
 
"Saya mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Maybrat khusus anak-anak binaan Pos Susumuk untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai kebangsaan dalam mewujudkan Indonesia maju yang kita cita-citakan," ajak Letda Inf Kardono Manulang.
 
Sementara itu, guru SD YPK Emaus Susumuk Atani, mengatakan sebagai penerus bangsa Indonesia tentu memiliki kewajiban tetap mencintai NKRI sekaligus menghargai jasa para pahlawan dengan cara selalu berdoa untuk para pahlawan dan melaksanakan kegiatan upacara bendera Merah Putih pada setiap hari Senin.
 
"Upacara pengibaran bendera ini harus benar-benar kita manfaatkan dan tanamkan sejak dini untuk mengokohkan nilai-nilai kebangsaan dalam bermasyarakat khususnya anak sekolah dalam berbangsa dan dalam bernegara," kata dia.
 
 
 
 

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2023