Minggu, 21 Desember 2014

Siswa SMP Bantul Juara Lomba Roket Air

| 2.346 Views
id roket air,smp negeri i kasihan,bantul,lapan
Siswa SMP Bantul Juara Lomba Roket Air
Lomba roket air/ilustrasi. (ANTARA/Regina Safri)@
Bantul (ANTARA News) - Siswa SMP Negeri 1 Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Ardi Ahmad Sarif meraih juara pertama lomba roket air nasional tingkat SMP di lapangan Trirenggo, Bantul, Kamis.

"Ardi meraih juara pertama setelah memperoleh nilai tertinggi 180 dari 50 peserta," kata Ketua Panitia Lomba Roket Air Nasional Trisaktiyana di Bantul.

Ia mengatakan juara pertama mendapatkan piala dan uang pembinaan sebesar Rp4,5 juta, dan berhak mengikuti lomba roket air tingkat internasional di Bangkok, Thailand pada 22 Januari 2010.

Juara kedua diraih Aditya Fernando siswa SMP Saint Yusuf, Lahat, Palembang, Sumatra Selatan (Sumsel), dan juara ketiga Ardita Wiratama dari SMP Negeri 5 Yogyakarta yang mengantongi nilai 120.

"Juara kedua mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp3,5 juta, juara ketiga Rp2 juta. Uang pembinaan ini berasal dari PP Iptek dan Pemerintah Kabupaten Bantul," katanya.

Sedangkan juara harapan I hingga harapan III masing-masing diraih Ali Setiawan dari MTs Daarul Taqwa Semarang dengan nilai 120, Anif Nur Mustaqim siswa SMP Muhammadiyah Imogiri Bantul yang memperoleh nilai 100, dan David Akhir Novan dari MTs Bantul dengan nilai 100.

Trisaktiyana mengatakan lomba ini bertujuan untuk lebih mengenalkan roket air di kalangan siswa yang berbakat dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), terutama yang berkaitan dengan pelajaran matematika serta fisika.

"Sehingga nantinya diharapkan dapat melahirkan profesional muda terutama di bidang teknologi kedirgantaraan," katanya.

Menurut dia, pada penyelenggaraan lomba roket air tingkat nasional 2010 yang akan diselenggarakan di Palembang diharapkan jumlah peserta meningkat.

Kepala Bagian Publikasi dan Promosi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Rozalisa mengatakan juara pertama pada lomba roket air tahun ini berhak mengikuti lomba yang sama tingkat internasional di Bangkok, Thailand, 22 Januari 2010.

Namun, kata dia, yang bersangkutan terlebih dahulu akan memperoleh pembekalan dan pembinaan. "Pembekalan diberikan selama dua hari menjelang keberangkatan ke lomba tingkat internasional agar persiapannya lebih matang," katanya.

Rozalisa mengatakan pihaknya merasa bangga dengan prestasi siswa-siswi SMP yang mengikuti lomba roket air tingkat nasional ini, terutama peserta dari Kabupaten Bantul, DIY yang untuk kedua kalinya meraih juara pertama.(*)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2009

Komentar Pembaca
Baca Juga