Jumat, 31 Oktober 2014

Merindukan Desa? Datanglah ke Umbulharjo

| 2.022 Views
id umbulharjo
Merindukan Desa? Datanglah ke Umbulharjo
Sleman (ANTARA News) - Desa Wisata "Dewi Peri" atau Pentingsari di Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta semakin banyak diminati mahasiswa asing yang ingin merasakan suasana asri kehidupan masyarakat pedesaan.

"Saat ini banyak mahasiswa asing yang sedang studi di Yogyakarta pada akhir pekan mengunjungi Desa Wisata `Dewi Peri`, disamping berwisata juga sekaligus melakukan berbagai aktivitas yang ditawarkan pengelola desa wisata di lereng Gunung Merapi tersebut," kata Manajer Pemasaran Desa Wisata "Dewi Peri", Doto Yogantoro, Selasa.

Rata-rata tiap akhir pekan kawasan ini dikunjungi sekitar 20 hingga 50 wisatawan, yang sebagian besar adalah mahasiswa asing atau mahasiswa dan pelajar dari luar daerah.

"Mahasiswa asing tersebut ada yang baru pertama kalinya berkunjung, namun tidak sedikit pula yang sudah beberapa kali berkunjung dan menginap di Pentingsari," katanya.

Ia mencontohkan mahasiswa asing yang berkunjung tersebut yakni 20 mahasiswa asal Austria, yang sedang belajar di Pusat Studi Asia Pasifik (PSAP) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogayakarta pada 19 Juli 2010.

"Di desa wisata Pentingsari mereka belajar tentang perkebunan, pengelolaan kopi, budidaya jamur, sayur organik, kerajinan maupun petualangan alam," katanya.

Kemudian kunjungan dari pertukaran mahasiswa Jerman dan Belanda yang tergabung dalam "Summer School Camp" Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada 24 dan 25 Juli 2010.

"Para mahasiswa ini sangat bersemangat melakukan aktivitas di antaranya camping, outbound, petualangan alam dan kuliner," katanya.

Doto mengatakan, selain mahasiswa asing, pelajar luar daerah juga menyukai aktivitas di desa wisata Pentingsari seperti siswa SMAK IPEKA Sunter Jakarta Utara yang berjumlah 430 orang juga akan berkunjung dan beraktivitas di desa wisata Pentingsari 2 hingga 6 Agustus 2010.

Mereka akan tinggal bersama masyarakat atau tinggal dan menginap di rumah-rumah penduduk setempat. Disamping melakukan bakti sosial mereka juga akan melakukan outbound dan belajar seni budaya seperti gamelan, tari dan kerajinan, katanya.

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Shavitri Nurmala Dewi mengatakan sudah semakin banyak wisatawan luar daerah dan manca negara yang berkunjung ke desa-desa wisata di Sleman.
(V001/A024)

Editor: AA Ariwibowo

COPYRIGHT © ANTARA 2010

Komentar Pembaca