Jumat, 24 Oktober 2014

Kodam Iskandar Muda Bentuk Batalyon Raider

| 4.176 Views
id ksad, george toisuta
Kodam Iskandar Muda Bentuk Batalyon Raider
Banda Aceh (ANTARA News) - Komando Daerah Militer Iskandar Muda akan membentuk batalyon Raider guna memperkuat jajaran Kodam tersebut.

Kesiapan pembentukan kembali Batalyon Raider ini ditinjau langsung KSAD Jenderal George Toisuta di Mata Ie, Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar, Sabtu.

George mengatakan keberadaan Batalyon Raider menjadi standar di setiap Kodam di Indonesia.

"Keberdaan pasukan Raider juga menjadi standar internasional. Jadi Angkatan Darat kita harus mengikuti standar internasional, sehingga tidak dilecehkan negara-negara lain," tegas jenderal berbintang empat itu.

Keberadaan Batalyon Rider, tambah KSAD, akan langsung dibawah komando Panglima Kodam, dan batalyon ini akan menjadi pasukan pemukul kodam (PMK).

Selain meninjau kesiapan peningkatan status Batalyon Infantri menjadi Batalyon Raider, KSAD juga melakukan pertemuan dan safari Ramadhan dengan seluruh perwira di jajaran TNI Kodam Iskandar Muda.

Dalam pengarahannya, KSAD menghimbau agar pasukan TNI bisa terus menjaga citra TNI di mata masyarakat dan menjalankan tugas sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Selain tugas menjaga keamanan negara, TNI juga menjadi pengayom di masyarakat, oleh karenanya TNI harus bisa bersikap baik dan menjaga citranya di mata semua pihak," ujar KSAD.

Sementara itu, Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen (TNI) Hambali Hanafiah mengatakan, pasukan yang akan ditingkatkan statusnya menjadi pasukan Batalyon Raider adalah Batalyon 112/Dharmajaya.

"Sebenarnya beberpa waktu lalu kita sudah punya 100 personil, namun karena kekurangan fasilitas latihan, pasukan tinggal 88 orang, dan kini akan kita tingkatkan kembali, jumlah personilnya dan fasilitas latihan," jelas Hambali Hanafiah.

Disebutkan, saat ini Kodam sudah memiliki beberapa fasilitas latihan Raider yang berstandari internasional, diantaranya lapangan tembak simulasi.

"Lapangan tembak simulasi ini bisa digunakan untuk mengantisipasi kurangnya jumlah amunisi. Jadi kita bisa latihan menembak tepat tanpa menggunakan amunisi peluru aktif," jelasnya.

Selain lapangan tembak simulasi, beberapa sarana latihan lain juga sudah disiapkan di kawasan Mata Ie, Aceh besar, diantaranya lapangan latihan granat, lapangan tembak dropper, dan rumah ban.

Dalam kunjungannya ke Kodam Iskandar Muda, KSAD George Toisuta juga melakukan penanaman pohon di komplek Rindam Iskandar Muda, yang disaksikan langsung Pangdam Hambali Hanafiah.
(ANT/A024)


 

Editor: AA Ariwibowo

COPYRIGHT © ANTARA 2010

Komentar Pembaca
Baca Juga