Senin, 28 Juli 2014

TNI AL Buka Pendaftaran Jadi Prajurit Tamtama

Selasa, 23 November 2010 15:52 WIB | 3.683 Views
Sejumlah Korps Marinir TNI AL saat mengikuti mengikuti defile (ANTARA/Widodo S. Jusuf)
Jakarta (ANTARA News) - Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut membuka pendaftaran bagi pemuda Indonesia yang berusia 18 hingga 22 tahun untuk dididik menjadi calon prajurit Tamtama TNI AL.

Siaran pers yang diterima ANTARA dari Dinas Penerangan Mabes TNI AL Selasa, menyebutkan, persyaratan umum yang harus dipenuhi pelamar adalah Warga Negara Indonesia (WNI), beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dan tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh kepolisian setempat serta sehat jasmani dan rohani.

Persyaratan lainnya adalah pria berijazah serendah-rendahnya SMP, belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama mengikuti pendidikan dan selama dua tahun setelah selesai pendidikan, tinggi badan minimal 163 cm dengan berat badan seimbang, berusia setinggi-tingginya 22 tahun dan sekurang-kurangnya 17 tahun 9 bulan pada tanggal 8 April 2011, bersedia menjalani Ikatan Dinas Pendek (IDP) selama tujuh tahun terhitung mulai saat dilantik dengan pangkat Kelasi Dua/Prajurit Dua.

Persyaratan tambahan yakni bukan prajurit TNI, anggota Polri maupun PNS, tidak bertato, bertindik maupun bekasnya, tidak buta warna dan tidak berkacamata, memiliki KTP dan Kartu Keluarga sesuai dengan tempat pendaftaran yang terdekat, tidak diperbolehkan mendaftarkan lebih dari satu tempat pendaftaran.

Saat pendaftaran, calon peserta harus datang sendiri ke tempat pendaftaran dengan membawa berkas asli yakni akte kelahiran, ijazah, daftar nilai ujian akhir nasional (SD, SMP dan SMA), pas photo hitam putih terbaru ukuran 4x6 sebanyak dua lembar dan 3x3 sebanyak satu lembar.

KTP Calon, KTP orang tua, KTP wali bagi yang tidak bertempat tinggal dengan orang tua, Kartu Keluarga, stopmap warna merah dua buah, serta foto copy seluruh berkas asli masing-masing satu lembar.

Pendaftaran dibuka mulai tanggal 20 Desember 2010 sampai dengan 6 Januari 2011 mendatang di Markas Komando (Mako) Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) I Belawan; Lantamal II Padang; Lantamal III Jakarta; Lantamal IV Tanjung Pinang; Lantamal V Surabaya; Lantamal VI Makassar; Lantamal VII Kupang; Lantamal VIII Manado; Lantamal IX Ambon; Lantamal X Jayapura; Lantamal XI Merauke; Kantor Perwakilan Lapetal Jakarta; Pangkalan TNI AL (Lanal) Cirebon tlp. (0231) 245762, Lanal Pontianak; Lanal Balikpapan; Lanal Palembang dan lainnya.

Seleksi tingkat daerah dilaksanakan tanggal 9 Januari 2011 hingga 20 Pebruari 2011, sementara seleksi tingkat Pusat dilaksanakan 18 sampai 29 Maret 2011 serta sidang Panitia Penentuan Akhir Pusat (Pantukhirpus) 5 April 2011 nanti.
(S037/B010)

Editor: Bambang

COPYRIGHT © 2010

Komentar Pembaca
Baca Juga