Jumat, 19 Desember 2014

Thailand Serahkan Bantuan Bencana Alam Indonesia

| 2.808 Views
id merapi, mentawai, bantuan, thailand
Jakarta (ANTARA News) - Thailand menyerahkan dana bantuan kemanusiaan sebagai bentuk simpati atas bencana alam Gunung Merapi di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah, serta tsunami di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

"Bantuan ini merupakan bentuk solidaritas rakyat Thailand kepada Indonesia dan diharapkan dapat membantu pemulihan pascabencana," kata Duta Besar Thailand untuk Indonesia Thanatip Upatising saat acara penyerahan dana bantuan di kantor Kementerian Luar Negeri Jakarta, Rabu.

Bantuan sebesar 100.000 dolar Amerika Serikat (Rp901 juta) diberikan sebagai bentuk simpati yang dimaksudkan untuk mendukung pemulihan pascabencana alam.

Penyerahan secara simbolis bantuan bagi korban bencana dari Pemerintah Thailand tersebut akan diikuti dengan penandatanganan berita acara serah terima dari Dubes Thailand untuk Indonesia kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), yang disaksikan oleh Wakil Menteri Luar Negeri RI, Triyono Wibowo.

"Kami berharap dana bantuan ini dapat membantu para korban yang sudah banyak kehilangan akibat bencana tersebut," kata Wakil Menlu.

Penyerahan bantuan kemanusiaan itu merupakan tindak lanjut dari pertemuan bilateral Menteri Luar Negeri RI dengan Menteri Luar Negeri Thailand, Kasit Piromya, pada 28 Oktober 2010 di sela-sela pertemuan KTT ASEAN ke-17 di Hanoi, Vietnam.

Menurut laporan terakhir yang diterima ANTARA, gempa berkekuatan 7,2 Skala Richter yang disusul oleh tsunami di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, yang terjadi pada 25 Oktober 2010 menyebabkan 449 orang tewas, 270 orang luka berat, dan 142 orang luka ringan.

Sehari setelah itu terjadi letusan Gunung Merapi di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah, yang menyebabkan sekitar 40.000 warga desa mengungsi dan menewaskan sekurangnya 35 orang. (IFB/K004)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2010

Komentar Pembaca
Baca Juga