Jakarta (ANTARA) - Kabar meninggalnya tokoh Jawa Barat bernama Solihin GP yang pernah menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat dan perwira Kodam III Siliwangi memperoleh banyak atensi dari para pembaca kanal humaniora Antaranews.com sepanjang Selasa kemarin (5/3). 

Solihin wafat dalam usia 97 tahun di Rumah Sakit (RS) Advent Bandung. Dia meninggalkan seorang istri, empat  anak, sembilan cucu, dan empat cicit.
 
Berita tentang perluasan sosialisasi sertifikasi halal yang dilakukan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag) juga menarik banyak perhatian pembaca.
 
BPJPH menargetkan 5.040 titik sosialisasi wajib halal selama tiga bulan ke depan untuk mengejar target lantaran banyak produk makanan dan minuman belum tersertifikasi halal.
 
Berikut rangkuman berita terpopuler selengkapnya:
 
 
Tokoh Jawa Barat dan Siliwangi Solihin GP tutup usia
 
Mantan Gubernur Jawa Barat dan perwira Kodam III Siliwangi Letjen TNI (Purn) Solihin GP tutup usia pada Selasa dini hari pukul 03.09 WIB.
 
Solihin GP lahir pada 21 Juli 1926, ia merupakan mantan perwira TNI yang pernah menjabat sebagai Gubernur Jabar pada 1970-1975.
 
Baca selengkapnya di sini.


Antisipasi pandemi, masyarakat perlu paham konsep penyakit X
 
Ahli mikrobiologi klinik dari Universitas Jenderal Soedirman Nia Krisniawati mengatakan masyarakat harus diberi pemahaman mengenai konsep penyakit X yang beberapa waktu terakhir muncul dalam berbagai pemberitaan.
 
Nia mengatakan penyakit X hanyalah sebuah konsep yang sudah dibicarakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan hingga saat ini patogen penyebabnya belum diketahui.
 
Baca selengkapnya di sini.
 
 
LKKS Muhammadiyah luncurkan buku Jalan Baru Moderasi Beragama
 
Lembaga Kajian Kemitraan Strategis (LKKS) Pimpinan Pusat Muhammadiyah meluncurkan buku Jalan Baru Moderasi Beragama di Auditorium Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, Senin malam.
 
Buku itu berusaha membedah pemikiran Haedar Nashir tentang moderasi, bukan hanya dalam urusan beragama, tetapi juga yang lain termasuk kebangsaan dan lainnya.
 
Baca selengkapnya di sini.
 
 
BPJPH sasar 5.040 titik sosialisasi wajib halal 2024 tiga bulan ke depan
 
Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama bersama para pemangku kepentingan halal menggencarkan sosialisasi Wajib Halal yang akan diberlakukan 17 Oktober 2024 dengan menyasar 5.040 titik mulai Maret hingga Mei.
 
BPJPH mencatat saat ini sudah ada 3,9 juta produk yang telah bersertifikat halal, namun masih ada produk makanan minuman yang belum bersertifikat halal.
 
Baca selengkapnya di sini.
 
 
Gunung Semeru erupsi dengan ketinggian material vulkanik 800 meter
 
Gunung Semeru di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur erupsi disertai lontaran material vulkanik setinggi 800 meter pada Selasa, pukul 20.39 WIB.
 
Kolom abu vulkanik berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal ke arah barat daya. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 22 milimeter dan durasi 136 detik.
 
Baca selengkapnya di sini.

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024