Kota Bandung (ANTARA) - Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono menyampaikan duka mendalam atas meninggalnya mantan Gubernur Jawa Barat dan perwira Kodam III Siliwangi Letjen TNI (Purn) Solihin GP pada Selasa dini hari pukul 03.09 WIB.

"Atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Bandung, saya turut berduka. Semoga almarhum diterima di sisi Allah SWT," kata Bambang di Bandung, Selasa.

Bambang juga mendoakan kepada keluarga yang ditinggalkan agar diberikan kekuatan.

Solihin GP yang karib disapa Mang Ihin itu meninggal saat dalam perawatan di RS Advent, Kota Bandung.

Baca juga: Tokoh Jawa Barat dan Siliwangi Solihin GP tutup usia

Tampak terlihat sejumlah tokoh Jawa Barat hadir ke rumah duka, di antaranya Acil Bimbo, Jaka Bimbo, Ceu Popong, dan Atalia Praratya. Selain itu, tampak hadir juga Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin.

Sebelum dimakamkan, almarhum terlebih dahulu dibawa ke rumah duka keluarga besar di Jalan Cisitu Indah, Kota Bandung. Bagi warga yang ingin menyampaikan duka cita juga bisa memberikan penghormatan di Markas Kodam III/Siliwangi Jalan Sumbawa pada pukul 09.30-12.30 WIB.

Almarhum rencananya dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra Bandung pada pukul 13.30 WIB.

Baca juga: RS Advent: Solihin GP jalani perawatan 15 hari sebelum tutup usia

Almarhum Letnan Jenderal TNI (Purn) Solihin Gautama Purwanegara (GP) lahir pada 21 Juli 1926. Ia adalah mantan perwira Tentara Nasional Indonesia yang pernah menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat pada 1970-1975.

Ia mengawali karier militer ketika masa revolusi sebagai Komandan Tentara Keamanan Rakyat Kabupaten Bogor, kemudian bergabung dengan Divisi Siliwangi.

Salah satu kiprahnya yang mencuat, yakni ketika ia mengatasi krisis pangan di Indramayu dengan memasyarakatkan padi yang disebut dengan gogo rancah.

Baca juga: Moeldoko kunjungi mantan Gubernur Jabar Solihin GP di Bandung

Ia juga dikenal sebagai sesepuh Jawa Barat dan Siliwangi, pejuang lingkungan dan pendiri Dewan Pemerhati Kehutanan dan Lingkungan Tatar Sunda (DPKLTS). Mang Ihin juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Persib Bandung.

Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024