Denpasar (ANTARA News) - Niat Rob Rambini menjadi orang Indonesia pertama yang berlayar seorang diri dari California ke Bali dan mencatatkan diri dalam Musium Rekor Indonesia segera tercapai.

"Niat Rob Rambini itu akan segera terwujud setelah kedatangannya di Bali Sabtu (2/4)," kata Wayan Heru Young dalam surat elektroniknya kepada ANTARA, Jumat.

Dia menjelaskan, rencananya Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata menyambut kedatangan pelayaran solo Rob Rama Rambini dari Oakland, California, Amerika Serikat di Bali.

Warga negara Indonesia kelahiran Roma, Italia, itu memulai perjalanan yang luar biasa sejak 8 Mei 2010.

"Rob Rambini telah berlayar dari California ke Hawaii, kemudian turun melalui Kepulauan Solomon, Vanuatu dan Karang Laut, ke Port Moresby, Papua New Guinea," paparnya.

Dia meninggalkan Port Moresby, 12 November 2010.  Berlayar melalui perairan Indonesia, ia mendarat selama sehari di Pulau Tanimbar, Saumlaki, untuk memasok persediaan perbekalan.

Pada bagian akhir perjalanan sangat sulit menjelang ke Bali dia harus beberapa kali melakukan pendaratan mendadak, karena kondisi cuaca dan gelombang tinggi.

"Harapan Rob Rambini bahwa perjalanan itu akan menjadi prestasi dan tonggak baik untuknya, juga untuk parawisata dan olahraga di Bali," katanya.(*)

KR-IGT/M027

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011