Padang (ANTARA News)- Masjid Raya Ganting, Padang, Sumatera Barat ditetapkan sebagai salah satu dari 100 masjid terindah di tanah air oleh PT Andalan Media yang akan dipublikasikan dalam bentuk buku berjudul "100 Masjid terindah di Indonesia."

"Terpilihnya Masjid Raya Ganting sebagai salah satu Masjid terindah di Indonesia ditetapkan berdasarkan pertimbangan bentuk arsitektur serta nilai sejarah yang dimiliki ," kata Ketua I Pengurus Masjid Raya Ganting Padang, Nursuhud Husin di Padang, Jum`at.

Nursuhud mengatakan, sebelumnya pengurus menerima pemberitahuan dari PT Andalan Media bahwa Masjid Raya Ganting terpilih sebagai salah satu dari 100 Masjid terindah di tanah air yang akan didokumentasikan dalam bentuk buku.

"Direncanakan buku yang bertema 100 Masjid terindah di Indonesia tersebut akan diterbitkan pada Juni 2011 dan akan ditulis dalam tiga bahasa yaitu, Indonesia, Arab dan Inggris," lanjut dia.

Saat ini, kata dia, tim dari PT Andalan Media tersebut telah selesai melakukan proses pengumpulan data seputar keberadaan Masjid Raya Ganting serta melakukan pengambilan foto dari berbagai sudut.

Ia menyebutkan di Sumatera Barat terdapat dua Masjid yang terpilih sebagai 100 Masjid terindah di Indonesia yaitu Masjid Raya Ganting Padang dan Masjid Raya Bayur Maninjau.(*)

ANT