Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyatakan siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN XVIII 2011 di Jakarta Convention Center (JCC) pada 7-8 Mei.

"Beberapa hari terakhir ini kita telah melakukan persiapan untuk jaminan keamanan dan ketertiban pelaksanaannya," kata Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo usai Rapat Pimpinan membahas persiapan KTT ASEAN di Balaikota DKI Jakarta, Selasa.

Gubernur membahas persiapan KTT ASEAN bersama beberapa kepala dinas terkait dan jajaran Muspida seperti Kapolda Metro Jaya, Panglima Kodam Jaya dan Kepala Kejaksaan Tinggi.

Fauzi Bowo alias Foke mengaku telah mempersiapkan sarana maupun prasarana pendukung penyelenggaraan KTT ASEAN antara lain tempat pelaksanaan, jaminan listrik, rumah sakit sampai masalah kebersihan.

PLN diminta untuk siaga dengan pembangkit induk dan sistem back-upnya agar listrik terjamin tidak terputus di JCC Senayan sebagai tempat penyelenggaraan dan juga delapan hotel tempat menginap kepala negara dan delegasi.

Gubernur juga telah memerintahkan aparat teknis untuk bersiaga seperti Dinas Kebersihan yang bakal menjaga kebersihan dan keindahan di kawasan Gelora Senayan.

Dinas Kesehatan, Dinas Pemadam Kebakaran sampai dengan Satpol PP diminta untuk bersiaga demi kesuksesan penyelenggaraan KTT ASEAN.

"Aparat teknis diinstruksikan untuk siaga seperti Damkar (Dinas Pemadam Kebakaran), Dinas Kesehatan. Keamanan di sekitar Gelora Senayan dari penyandang masalah sosial juga diamankan dengan cara manusiawi," katanya.

Dinas Kesehatan yang diminta menyiagakan beberapa rumah sakit yang berdekatan dengan Gelora Senayan dan hotel tempat delegasi menginap.

"Rumah sakit rujukan yaitu Rumah Sakit Gatot Soebroto, tetapi rumah sakit yang berdekatan agar siaga," katanya.

Dinas Pekerjaan Umum juga telah diperintahkan untuk melakukan pengecekan terhadap jalan-jalan sebagai rute kepala negara dan delegasi KTT ASEAN yaitu dari bandara Soekarno-Hatta - hotel - JCC Senayan.

"Kita juga meminta pemangku kepentingan untuk turut menyukseskan, seperti Jasa Marga agar menghidupkan penerangan jalan tol," katanya.

Sedangkan delapan hotel tempat menginap kepala negara ASEAN dan delegasi yaitu Hotel Indonesia Kempinsky, Hotel Grand Hyatt, Hotel Mandarin, Hotel Four Season, Hotel Shangri-la, Hotel Mulia Senayan, Hotel Ritz-Carlton, dan Hotel JW Marriot.
(N006)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2011