Semarang (ANTARA News) - Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 6 Semarang yang bukan rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) memperoleh nilai terbaik dalam Ujian Nasional (UN) 2011, mengalahkan empat SMA RSBI di Kota Semarang.

Sekretaris Panitia Penyelenggara UN Kota Semarang, Sukali, di Semarang, Rabu, mengatakan SMA Negeri 6 Semarang meraih nilai terbaik, baik untuk UN maupun nilai akhir (NA), yakni nilai akhir yang diperoleh saat pengumuman kelulusan siswa.

"Kalau nilai UN hanya menghitung perolehan nilai enam nilai mata ujian yang diujikan dalam UN, sementara NA merupakan nilai yang didapat setelah pengolahan nilai UN, nilai ujian sekolah, dan nilai rapor," katanya.

Ia menyebutkan, SMA RSBI di Kota Semarang ada empat sekolah, yakni SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, SMA Negeri 3, dan SMA Negeri 4 Semarang, namun SMA Negeri 6 Semarang yang non-RSBI mampu mengalahkan perolehan nilai empat sekolah itu.

"Berdasarkan evaluasi Dinas Pendidikan Kota Semarang, SMA Negeri 6 Semarang memang menduduki peringkat pertama perolehan nilai UN dan NA, baik untuk jurusan ilmu pengetahuan alam (IPA) dan ilmu pengetahuan sosial (IPS)," katanya.

Sukali yang juga Kepala Seksi SMA Disdik Kota Semarang itu menyebutkan, tiga besar SMA negeri dan swasta jurusan IPA yang meraih NA terbaik adalah SMA Negeri 6 (51,41), SMA Negeri 2 (51,29), dan SMA Negeri 4 Semarang (51,10).

Tiga besar perolehan nilai akhir kelulusan SMA IPS terbaik di Kota Semarang, katanya, peringkat pertama SMA Negeri 2 (51,34), SMA Kesatrian 2 (50,78), dan SMA Negeri 1 Semarang dengan perolehan nilai akhir kelulusan 50,45.

Perolehan khusus nilai UN IPA, katanya, tiga besarnya adalah SMA Negeri 6 (52,64), SMA Negeri 4 (52,07), dan SMA Negeri 2 (51,56), sedangkan UN IPS, SMA Negeri 6 (51,59), SMA Negeri 2 (51,50), dan SMA Negeri 4 Semarang (51,10).

Kepala SMA Negeri 6 Semarang, Totok Widyanto, mengaku bangga atas prestasi yang diraih siswanya baik dalam UN maupun perolehan nilai akhir kelulusan 2011 sehingga mampu mencatat peringkat terbaik untuk SMA di Kota Semarang.

"Dibandingkan tahun lalu, apa yang diraih tahun ini jelas meningkat, sebab tahun lalu jurusan IPA hanya meraih peringkat enam, sementara jurusan IPS hanya mampu meraih peringkat dua se-Kota Semarang," katanya.

Selain itu, katanya, ada lima siswa SMA Negeri 6 Semarang yang mampu meraih nilai 10 untuk mata ujian UN, yakni satu siswa untuk mata ujian Fisika, dua siswa Kimia, dan dua siswa Biologi.

"Kami berharap prestasi yang sudah diraih ini bisa dipertahankan dalam UN tahun depan, bahkan bisa ditingkatkan lebih baik lagi," kata Totok. (ZLS/M029/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011