Barcelona (ANTARA News/Reuters) - Pembalap Australia dari tim Red Bull Mark Webber menguasai sesi latihan bebas GP Spanyol, Jumat dengan menjadi yang tercepat dalam dua sesi latihan di Sirkuit Catalunya, Barcelona.

Webber mencatat waktu terbaik pada kedua sesi latihan bebas yang diadakan pada pagi dan sore hari yang cerah di Sirkuit kampung halaman Alonso itu dengan mencetak waktu satu menit 22,470 detik pada sore harinya.

Di pagi hari Red Bull sempat berhasil berada pada posisi satu-dua, namun di sore harinya pembalap McLaren Lewis Hamilton berhasil berada di antara catatan waktu kedua pembalap Red Bull itu dengan selisih hanya 0,039 dari Webber untuk menempati tempat kedua.

McLaren sepertinya telah berhasil melakukan beberapa pemutakhiran yang signifikan pada mobil mereka di Barcelona, sebagaimana halnya dengan tim-tim lain, setelah sempat mendapat hasil mengecewakan di balapan terakhir di Turki .

Webber adalah penguasa Barcelona pada tahun lalu, namun pada musim ini dia belum sekalipun berhasil meraih podium tertinggi, sehingga dia dapat berharap hasil yang menjanjikan ini merupakan awal kebangkitannya untuk kembali menjadi juara pada seri ini.

Pembalap Australia itu saat ini berada di tempat ketiga klasemen sementara, tertinggal 38 poin di belakang rekan setimnya Sebastian Vettel yang memuncaki klasemen pembalap.

Webber yang saat ini berumur 34 tahun pada musim ini tercatat berada di urutan kelima, keempat, ketiga dan kedua pada empat balapan terakhirnya dan sepertinya dia akan dapat menyelesaikan hitungan mundur itu untuk berada di tempat pertama pada hari balapan, Minggu (22/5).

Pemimpin sementara kejuaraan balap mobil paling bergengsi itu, Vettel, berada ditempat kedua di pagi hari, namun di sore harinya dia berada dua detik lebih lambat dari Webber yang mencetak waktu tercepat 1 menit 25,142 detik setelah istirahat makan siang.

Vettel, yang saat ini unggul 34 poin dari Hamilton, sedang mengincar kemenangannya yang keempat musim ini setelah menguasai posisi pole di seluruh seri balapan tahun ini.

Pembalap Jerman Nico Rosberg pada pagi hari sempat berada di tempat ketiga bersama mobil Mercedesnya di depan pembalap Ferrari Fernando Alonso dan pembalap Meksiko Sergio Perez bersama Sauber.

Di sore harinya urutan itu kemudian berubah karena pembalap McLaren Jenson Button berhasil menyodok ke tempat keempat menyisihkan pembalap favorit penonton Alonso dan Rosberg.

Juara dunia tujuh kali Michael Schumacher di atas Mercedes berada di tempat ketujuh di kedua sesi latihan itu.

Pembalap rookie dari Venezuela Pastor Maldonado menjadi satu-satunya pembalap yang mengalami insiden pada pagi hari ketika mobilnya terlempar keluar jalur di tikungna ke-12 dan terperangkap di kubangan pasir setelah baru sempat melakukan putaran sebanyak 11 kali.

Namun di sore harinya dia berhasil melewati sesi latihan itu dengan mulus dan menempati urutan ke-13, sementara rekan setimnya di tim Williams-Cosworth, pembalap Brazil Rubens Barrichello berada di tempat ke-10.

Pembalap Ferrari Felipe Massa sempat melebar di tikungan kelima pada sore harinya dan hampir menghajar pembatas sirkuit.

"Saya hampir terlempar tadi, nyaris celaka," kata pembalap Brazil itu lewat radio komunikasi timnya. "Ya, kami lihat itu," jawab ketua tim mekaniknya Rob Smedley.  (OKS/Z002/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011