Jambi (ANTARA News) - Tiga orang penambang liar tewas tertimbun longsor di lokasi penambangan emas di Dusuh Mengkuah, Desa Tambang Tinggi, Kecamatan Cermin Nan Gedang, Kabupaten Ssarolangun, Jambi baru-baru ini.

Ketiga orang pencari emas yang tewas mengenaskan tertimbun tanga longsor yang terjadi Minggu (29/5) lalu itu, kasusnya kini sedang ditangani oleh kepolisian setempat, kata Kabid Humas Polda Jambi, AKBP Almansyah di Jambi Selasa.

Kejadian mengenaskan tersebut terjadi sekitar pukul 16.30 WIB di Dusun Mengkuah, Desa Tambang Tinggi dan ketiga korban tewas itu adalah, Dodi Amharis (26) warga Desa Tambang Tinggi, Kecamatan Cermin Nan Gedang, Sarolangun, Hapis (26) warga Desa Bukit, Kecamatan Pelawan dan Usman (30) warga Rejang Lebong, Curup, Bengkulu.

Peristiwa itu terjadi pada saat ketiga korban pulang dari kebun dan mendatangi lokasi bekas penambangan emas tanpa izin (peti) atau biasa disebut warga setempat adalah galian dompeng untuk mendulang emas.

Saat kejadian itu ketiga korban sedang asyik mencari emas dilokasi tersebut dan secara tiba-tiba tanah tebing yang ada di belakang mereka secara mendadang longsor dan tragisnya longsoran itu menimpa dan menimbun ketiganya.

Warga setempat Karboni (20) dan Dedi Sibawani (25) yang mengetahui dan melihat kejadian segera memberitahukan kepala desa dan pihak kepolisian setempat yang kemudian bBersama-sama warga kemudian melakukan penggalian.

Aksi menolong ketiga korban tersebut berhasil mengangkat jazad ketiganya dalam timbunan tanah longsor sekitar pukul 19.30 WIB, ketiga korban berhasil ditemukan dalam keadaan sudah tidak bernyawa lagi.

(N009/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011