Jayapura (ANTARA News) - Komunitas Jurnalis Katolik Papua (KJKP) di Jayapura menggelar pameran foto selama dua hari dalam rangka menyambut Hari Komunikasi Sosial se-Dunia pada 5 Juni, di Taman Imbi, Kota Jayapura.

"Pameran itu bertema Hidup Otentik di Era Digital. Sekaligus sebagai ajang pengenalan foto dan sebagian tugas jurnalistik kepada masyarakat umum," kata Ketua Panitia Pameran Foto, Engelbertha Sinaga, Sabtu malam.

Menurut dia, foto-foto yang dipamerkan tersebut, selain dari wartawan yang tergabung dalam KJKP Jayapura, tetapi juga dari umat gereja Katolik yang ada di kota dan kabupaten Jayapura serta Keerom.

"Kami memang sengaja membuka kesempatan kepada umat gereja, untuk ikut berpartisipasi dalam pameran, agar terjalin rasa kebersamaan dan saling memiliki antara jurnalis dan wartawan," terangnya.

Dia menambahkan, pameran itu dalam rangka momen Hari Komsos se-Dunia, untuk mencerminkan rasa komunikasi antarsesama yang erat, dalam hal ini komunikasi horizontal antara pekerja media dan pelanggan media serta masyarakat awam lainnya.

"Makanya foto yang kami pajang disini juga dari berbagai latar belakang dan lebih fokus pada kehidupan gerejawi dan masyarakat Papua pada umumnya," tutur Engelbertha Sinaga.

Engelbertha yang juga pimpinan umum surat kabar harian Pasific Post, mengemukakan, kehidupan komunikasi dewasa ini, kaitannya dengan dunia jurnalistik yang kerapkali lebih bermuara pada kepentingan bisnis pemilik media, telah membuat terkadang informasi yang disampaikan lebih didominasi kepentingan kelas tertentu ketimbang keinginan publik.

"Ada keinginan mendapatkan informasi dari masyarakat, yang kita akui terkadang media sendiri belum bisa memberikannya secara penuh. Dengan pameran ini, kami juga bisa saling komunikasi dengan masyarakat luas tentang hal itu, apa yang sebenarnya yang mereka inginkan secara utuh. Artinya ada saling diskusi antara kita," paparnya.

Marlin Kelen, salah seorang pengunjung pameran foto mengaku, dirinya sangat senang bisa melihat langsung foto-foto hasil karya jurnali dan masyarakat yang dipamerkan.

"Fotonya sangat bagus-bagus, seolah kami sudah melihat seluruh Papua dari foto yang dipamerkan," kata Marlin yang diiyakan oleh rekannya Yulinda.(*)
(KR-MBK/A041)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011