Dalam rangka penanggulangan kemiskinan ini semua lini kami jalankan, salah satunya program Angpau Maja Desa yang akan efektif dilaksanakan pada 2012 mendatang.
Pulang Pisau, Kalteng (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng) menargetkan penurunan angka kemiskinan didaerah itu sebesar 5,75 persen dengan berbagai program pengentasan kemiskinan yang dilaksanakan.

Kepala Bidang Sosial Budaya dan Pemerintahan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Pulang Pisau Bazar Effendi di Pulang Pisau, Jumat mengatakan target tersebut menyesuaikan dengan target angka kemiskinan sebesar 2 persen yang dikehendaki oleh Pemerintah Provinsi Kalteng pada 2015.

"Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik angka kemiskinan Kabupaten Pulang Pisau pada tahun 2010 turun sebesar 6,18 persen dari target sebesar 7 persen," katanya.

Upaya yang dilakukan dalam mencapai target tersebut telah ada program pada masing-masing satuan kerja perangkat daerah yang mengacu kepada tiga kluster.

Program tersebut diantaranya bantuan kepada masyarakat secara langsung, pemberdayaan masyarakat baik secara individu maupun kelompok serta pemberdayaan usaha masyarakat, terangnya.

"Dalam rangka penanggulangan kemiskinan ini semua lini kami jalankan, salah satunya program Angpau Maja Desa yang akan efektif dilaksanakan pada 2012 mendatang," katanya.

Diungkapkannya melalui program Angpau Maja Desa tersebut diharapkan dapat mengentaskan desa-desa tertinggal yang ada di Kabupaten Pulang Pisau yang jumlahnya mencapai 30 desa.

Diharapkan melalui program tersebut sampai 2013 mendatang ketika rencana pembangunan jangka menengah daerah berakhir, jumlah desa yang mampu tertangani melalui program tersebut sebanyak 10 desa.

Secara tekhnis program tersebut sudah dipersiapkan, hanya saja kendala yang dihadapi dalam pelaksanaanya nanti adalah masalah anggaran yang diharapkan dapat dibantu oleh pemerintah pusat dan provinsi.

Terkait dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) diakuinya Kabupaten Pulang Pisau berada pada posisi terakhir dari seluruh kabupaten/kota di Kalteng.

"Hanya saja jika dilihat dari pencapaian target IPM Kabupaten Pulang Pisau sangat cepat yang dilihat dari pencapaian indikatornya," katanya.

Pada peraturan daerah Provinsi Kalteng nomor 1 tahun 2011 tentang RPJMD Provinsi Kalteng tahun 2010-2015 telah ditetapkan indikator pembangunan yang disepakati untuk dicapai sampai tahun yaitu penurunan angka kemiskinan menjadi 2 persen, pertumbuhan ekonomi sebesar 7,5 persen, IPM pada rangking 5 nasional, inflasi sebesar 2,5 persen, pengangguran terbuka sebesar dua persen, demikian Bazar Effendi.

(ANTARA)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011