Gelombang di perairan Bengkulu saat ini tinggi, dan cenderung di atas empat hingga lima meter.
Bengkulu (ANTARA News) - Gelombang laut setinggi lima meter berpotensi terjadi di perairan Bengkulu, meskipun 12 jam ke depan tingginya diperkirakan antara dua hingga 3,5 meter.

"Gelombang laut tinggi lima meter itu juga berpeluang terjadi di perairan Enggano hingga barat Lampung," kata analis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika(BMKG) Stasiun Fatmawati Soekarno Bengkulu Harist Syahid Hakim, Senin.

Sedangkan gelombang laut di Samudra Hindia barat Bengkulu, menurut dia, diperkirakan tingginya antara 2,5 hingga empat meter.

Angin di wilayah tersebut bertiup dari timur hingga selatan dengan kecepatan antara 08 hingga 24 knot.

Sedangkan angin di perairan Bengkulu dan Enggano dari arah yang sama yaitu dari timur hingga selatan dengan kecepatan antara 05 sampai 22 knot, serta diperkirakan terjadi turun hujan ringan.

Analisa pantauan citra satelit cuaca terlihat peluang pertumbuhan awan dan hujan terkadang disertai guntur di wilayah Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Mentawai dan Perairan Bengkulu.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari timur laut hingga selatan dengan kecepatan antara 05 sampai 36 kilometer per jam, atau antara 03 hingga 20 knot.

Ia memperkirakan cuaca di wilayah Bengkulu 12 jam ke depan sebagian besar berawan dan berpeluang turun hujan ringan pada sore dan malam hari, terjadi di sembilan kabupaten.

Sedangkan cuaca di Kota Bengkulu diperkirakan berawan, dengan suhu udara antara 24 sampai 32 derajat Celcius, dan kelembabannya antara 57 hingga 94 persen.

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu, Suparwi mengatakan, gelombang di perairan Bengkulu saat ini tinggi, dan cenderung di atas empat hingga lima meter.

Gelombang laut setinggi itu berbahaya bagi perahu dan kapal nelayan, sehingga diimbau para nelayan untuk tidak melaut. Bagi yang berada di tengah laut dianjurkan segera menepi ke pantai.

Seorang pengusaha kapal ikan di kawasan pelabuhan Pulau Baai Bengkulu Akeng mengatakan pihaknya sudah memberi tahu kepada seluruh awak kapal dan nelayan untuk pulang ke pantai.

"Kami sudah beberapa kali mendapat informasi dari BMKG bahwa gelombang laut tinggi hingga lima meter, dan berpotensi terjadi di perairan Bengkulu serta Enggano," katanya.

(T.Z005/B/M008/M008) (ANTARA)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011