Semarang (ANTARA News) - Pemegang gelar Super Champions kelas bulu WBA, Chris John, masih menjalani masa istirahat dua bulan lagi sebelum memasuki masa latihan di Sasana Herry`s Gym Perth, Australia.

"Saya memang diberi waktu istirahat oleh pelatih sekaligus manajernya, Craig Christian, satu hingga dua bulan," kata petinju dengan julukan The Dragon ketika dihubungi di Semarang, Selasa.

Menurut petinju yang sudah 14 kali mempertahankan gelarnya tersebut, sampai kini memang belum ada pemberitahuan dari manajemen, kapan mulai menjalani latihan di Australia.

"Biasanya setelah masa istirahat selesai, saya akan diberitahu untuk segera masuk sesi latihan di Australia," kata petinju yang terakhir kali mempertahankan gelarnya dengan menang angka atas Daud "Cino" Yordan di Jakarta, 17 April 2011.

Sebelumnya, Promotor Chris John, Raja Sapta Oktohari mengisyaratkan bahwa petinju yang sudah memegang gelar juara dunia kelas bulu WBA selama delapan tahun tersebut bakal naik ring pada Oktober 2011.

"Kalau tidak ada halangan, Chris John akan kembali naik ring pada Oktober mendatang sedangkan untuk lawannya masih dalam taraf negosiasi," kata Oktohari yang sudah dua kali menjadi promotor Chris John.

Pertama kali menjadi promotor saat suami mantan atlet wushu Jawa Tengah, Anna Maria Megawati tersebut bertanding melawan petinju Argentin, Fernando Saucedo di Jakarta, 5 Desember 2010, dan kedua saat melawan Daud Yordan.

Ayah dua orang putri (Maria Luna Fersiha dan Maria Rosa Christiani) tersebut sudah 14 kali mempertahankan gelar setelah merebutnya dari tangan petinju Kolombia, Oscar Leon, dalam pertarungan di Bali, 2003.

Dari 14 kali mempertahankan gelarnya tersebut, lima kali melalui tarung wajib atau "mandatory fight" dan sembilan kali melalui tarung pilihan.

Di samping itu, dari 14 kali tersebut empat kali melawan petinju yang sama, yaitu melawan petinju Venezuela, Jose Cheo Rojas (pertama berakhir dengan hasil imbang karena terjadi benturan kepala).

Kemudian melawan petinju Amerika Serikat, Rocky Juarez (yang pertama juga berakhir dengan hasil imbang), sedangkan 10 pertarungan lainnya dengan petinju yang berbeda.

Ke-10 lawan Chris John yang berbeda adalah melawan Juan Manuel Marquez (Meksiko), Derrick Gainner (Amerika Serikat), Hiroyuki Enoki (Jepang), Roinet Caballero (Panama).

Kemudian melawan Osamu Sato dan Zaiki Takemoto (Jepang), Renant Acosta (Panama), Tommy Brouwn (Australia), Fernando Saucedo (Argentina), dan Daud Yordan (Indonesia). 
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011