Ini adalah gelar kedua saya di Indonesia Open....
Jakarta (ANTARA News) - Pasangan asal China, Cai Yun/Fu Haifeng berhak menyandang predikat juara ganda putra Djarum Indonesia Open Superseries Premier 2011 setelah di final di Istora Senayan Jakarta, Minggu, mampu mengalahkan Chai Biao/Guo Zhendong 21-13, 21-12.

"Saya sangat senang bisa menang. Ini adalah gelar kedua saya di Indonesia Open. Kemenangan ini sangat penting bagi kami untuk kedepannya," kata Fu Haifeng usai pertandingan.

Menurut dia, untuk menangkan pertandingan ini tidak menggunakan strategi khusus. Berhubung melawan pemain yang juga berasal dari China, keduanya saling mendukung siapa yang menjadi yang terbaik.

"Penonton disini juga sangat antusias. Saya kira penyelenggaraan Indonesia Open tahun ini sangat bagus," kata Fu Haifeng menambahkan.

Pernyataan sama dikatakan Cai Yun. Menurut dia, dirinya sangat senang mampu kembali menjadi juara.

Meski sesama pemain China, kedua pasangan yang berusaha menjadi yang terbaik sejak awal set pertama. Chai Biao/Guo Zhendong yang merupakan unggulam kedelapan berusaha menekan terlebih dahulu bahkan sempat unggul 3-0.

Tertinggal tidak membuat unggulan ketiga Cai Yun/Fu Haifeng menyerah begitu saja. Unggul dalam pengalaman membuat pasangan ini dengan mudah menyusul juniornya itu.

Pelan tapi pasti pasangan yang mengalahkan pasangan Markis Kido/Hendra Setiawan di semifinal itu langsung berbalik unggul dalam perolehan angka.

Dominasi unggulan ketiga itu terus bertahan hingga set pertaam usai. Bahkan mampu unggul jauh dari unggulan kedelapan itu dengan 21-13.

Memasuki set kedua Chai Biao/Guo Zhendong kembali memberikan tekanan pada seniornya dan kembali unggul 3-2. Namun Cai Yun/Fu Haifeng juga berusaha memberikan perlawanan dan membuat kedudukan menjadi 5-5.

Setelah mempu menyamakan kedudukan Cai Yun/Fu Haifeng tidak memberikan lagi peluang bagi rekan satu negaranya untuk mengembangkan permainan. Dan akhirnya unggulan ketiga ini menutup set kedua dengan skor 21-12.

Dengan hasil ini pasangan Cai Yun/Fu Haifeng berhak menyadang gelar juara ganda putra Djarum Indonesia Superseries Premier 2011.

Pasangan ini berhak mendapatkan hadiah 47.400 dollar AS atau setara Rp407 juta dari total hadiah Djarum Indonesia Open Superseries Premier 2011, 600 ribu dollar AS atau setara dengan Rp5,1 miliar.

(ANT)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011