Banda Aceh (ANTARA News) - Fotografer LKBN ANTARA Biro Aceh Ampelsa dinobatkan sebagai juara pertama lomba foto wisata Banda Aceh 2011 yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat.

Foto Ampelsa yang berjudul "Potret masyarakat pesisir" itu berhasil menyisihkan 270 foto peserta lainnya yang ikut serta pada lomba foto wisata di kota berpendududk sekitar 230 ribu jiwa tersebut, kata Ketua Panitia Iranda Novandi di Banda Aceh, Rabu.

Ia mengatakan jumlah peserta yang ikut berpartisipasi pada lomba foto tersebut sebanyak 67 peserta dengan jumlah foto yang dikirim mencapai 270 lembar yang berasal dari berbagai daerah di Aceh dan beberapa peserta dari luar seperti Medan, Sumut dan Jakarta.

Selanjutnya, juara ke dua diraih M Riza Almudaris dengan judul foto "Peupok leumo", juara III diraih Zulfahmi Ismail dengan judul "Baiturrahman in Frame". Sementara juara harapan I-III masing-masing diraih M Zaki Nasution, Irwandi dan Heri Juanda.

Dijelaskannya, bidikan lensa peserta tersebut dinilai oleh dewan juri yang memiliki kemampun di bidang tersebut seperti Bedu Saini,Tarmizi Harva (Fotografer Reuters) dan Reza Fahlevi (Kadis Budpar Banda Aceh).

Ia mengatakan, juara I berhak mendapat hadiah sebesar Rp5 juta, juara II Rp4 juta juara II dan juara III sebanyak Rp3 juta, sedangkan juara harapan I-III masing-masing mendapat Rp1 juta.

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan pariwisata Banda Aceh Fahmi mengatakan lomba foto wisata ini sudah menjadi agenda tetap Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

"Ini merupakan kegiatan tahunan dan juga untuk mendukung program kunjungan wisata (Banda Aceh Visit Year 2011)," demikian Fahmi.(*)
(T.KR-IFL/H011)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011