Bandung (ANTARA News) - Sebanyak 650 mahasiswa baru ITB mendapatkan subsidi sebesar 100 persen, kata Rektor ITB, Akhmaloka, di Bandung, Selasa.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 450 mahasiswa mendapatkan beasiswa melalui program Bidik Misi, sedangkan 200 mahasiswa lainnya mendapatkan beasiswa 100 persen yang disediakan ITB.

Menurut Akhmaloka, selain bebas biaya kuliah, para penerima beasiswa tersebut juga mendapatkan biaya hidup selama menjadi mahasiswa ITB.

"Biaya hidup selama kuliah juga ditanggung, baik yang bidik misi maupun yang dari ITB. Setiap tahunnya mereka mendapat 12 juta rupiah," katanya.

Akhmaloka menuturkan, pemerintah telah menetapkan aturan bagi perguruan tinggi negeri untuk menyediakan kursi sebanyak 20 persen bagi mahasiswa berprestasi yang kurang mampu.

Tahun ini ITB menerima sekitar 3.200 mahasiswa baru, sehingga untuk tahun ini jatah 20 persen tersebut disediakan bagi 450 mahasiswa.

"Jumlah 450 itu hanya untuk penerima Bidik Misi dari pemerintah saja, sedangkan ITB juga sudah menyediakan beasiswa bagi 200 mahasiswa. Jadi, totalnya ada 650 mahasiswa yang bebas biaya kuliah dan dapat tanggungan biaya hidup," katanya. (ANT)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011