Kulon Progo (ANTARA News) - Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyelenggarakan audisi kontingen kethoprak untuk menyemarakkan festival kethoprak tingkat provinsi.

"Kegiatan audisi akan dilaksanakan pada Minggu (28/8) mulai 08.30 WIB di Gedung Kesenian Wates," kata Kepala Disbudparpora Kulon Progo, Eko Wisnu Wardana di Wates, Kamis.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam audisi ini, khususnya kelompok-kelompok kesenian kethoprak yang ada di wilayah Kulon Progo.

"Kami mengharapkan partisipasi dari masyarakat kelompok-kelompok kesenian kethoprak di daerah ini," katanya.

Ia mengatakan, peserta audisi berasal dari masing-masing kecamatan se-Kulon Progo, yaitu sebanyak lima peserta dengan komposisi tiga putra, dua putri atau empat putra dan satu putri.

"Audisi kontingen Kethoprak Kulon Progo ini dirancang sebagai media penjaringan dan penyaringan pemain kethoprak muda yang tersebar di seluruh wilayah Kulon Progo. Hal ini ditempuh sebagai upaya regenerasi dan penyiapan kontingen kethoprak yang berkualitas tanpa harus mengesampingkan aspek pemerataan," katanya.

Di sisi lain beberapa tahun ini, kata dia, Kontingen Kethoprak Kulon Progo berhasil meraih juara umum sehingga memacu semangat untuk mempertahankan predikat itu bagi Disbudaparpora beserta para seniman Kulon Progo.

"Disbudparpora dan pelaku seni Kulon Progo memiliki misi sama yakni melestarikan budaya adiluhung dan mempertahankan prestasi serta mengembangkan kethoprak kontemporer yang dapat dinikmati semua kalangan," katanya.

Ia mengatakan, bagi masyarakat atau peserta audisi yang ingin meminta keterangan lebih lanjut dimohon menghubungi Wruhantoro atau Bambang Eko dari Bidang Kebudayaan Disbudparpora Kulon Progo.

"Kami akan melayani bagi calon peserta audisi kethoprak, dan kami berharap partisipasi semua lapisan masyarakat dan pelaku seni," katanya.
(ANT-159/H008)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011