menjadi kesempatan untuk menemukan bibit unggul baru di bidang kethoprak
Sleman (ANTARA) - Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman menyelenggarakan Festival Kethoprak 2022 dalam rangka peringatan Satu Dasawarsa Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta "Kaistimewaan Suluhing Peradaban".

"Festival Kethoprak Kabupaten Sleman ini digelar mulai 10 Agustus hingga 19 Agustus 2022 di Gedung Kesenian Sleman," kata Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman Edy Winarya di Sleman, Kamis.

Menurut dia, pelaksanaan Festival Kethoprak Kabupaten Sleman ini menjadi kesempatan untuk semakin memperkenalkan kebudayaan kethoprak kepada masyarakat.

"Festival Kethoprak Kabupaten Sleman ini juga memberikan ruang gerak seniman dalam berekspresi serta menemukan bibit unggul baru di dunia kesenian," katanya.

Baca juga: Disbudparpora Kulon Progo selenggarakan audisi kontingen kethoprak
Baca juga: Rindu Kethoprak? Datangi Taman Budaya Yogyakarta

Ia mengatakan, Festival Kethoprak Kabupaten Sleman ini diikuti oleh peserta yang berasal dari 17 kapanewon (kecamatan) dengan usia maksimal 40 tahun.

"Sehingga, kami harap kegiatan ini dapat menjadi sarana pembelajaran, hiburan serta menjadi kesempatan untuk menemukan bibit unggul baru di bidang kethoprak," katanya.

Edy mengatakan, untuk juri, Dinas Kebudayaan Sleman melibatkan tokoh-tokoh dari unsur budayawan, seniman, serta praktisi.

Baca juga: BKN PDIP gelar pertunjukan ketoprak oleh Wayang Orang Bharata
Baca juga: Pagelaran ketoprak DGB UI gerakkan kebudayaan dan hidupkan tradisi

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo pada pembukaan Festival Kethoprak Kabupaten Sleman, Rabu (10/8) malam mengatakan bahwa kegiatan ini menjadi bagian dari peringatan Satu Dasawarsa Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta, yang juga dilaksanakan kabupaten dan kota di DIY.

Menurut Bupati, kegiatan ini dapat menjadi jalan untuk menemukan potensi seniman handal, khususnya di Kabupaten Sleman.

Selain itu, dengan diadakan Festival Kethoprak, sekaligus menjadi upaya untuk memperkenalkan dan melestarikan kebudayaan, sehingga, Bupati berharap dukungan berbagai pihak untuk terus melestarikan kegiatan tersebut.

Baca juga: Peringati HUT RI, Guru Besar UI gelar pertunjukan ketoprak virtual

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022