kegiatan ini juga dapat menjadi media untuk mencari bibit unggul seniman Bregada
Sleman (ANTARA) - Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar Festival Bregada Prajurit Tradisional tahun 2023 di Lapangan Baratan, Kalurahan Candibinangun, Pakem, Sleman, Sabtu.

Festival yang diikuti perwakilan 17 kapanewon se-Kabupaten Sleman ini dibuka langsung oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, Sabtu.

Kustini menyebut kegiatan ini merupakan upaya serta komitmen Pemerintah Kabupaten Sleman dalam melestarikan kebudayaan tradisional di Kabupaten Sleman, khususnya tradisi Bregada.

Menurut dia, melalui festival ini, diharapkan regenerasi seni prajurit Bregada bisa terus lestari.

"Kegiatan ini juga dapat menjadi media untuk mencari bibit unggul seniman Bregada prajurit tradisional di kalangan generasi muda," katanya.

Baca juga: 36 kontingen meriahkan Festival Bregada Rakyat 2019
Baca juga: Empat puluh keraton nusantara ikuti kirab agung prajurit


Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Sleman Edy Winarya mengatakan kegiatan ini diadakan selama dua hari, yakni pada 10 dan 11 Juni 2023.

"Ada sembilan kapanewon (kecamatan) yang telah tampil pada hari pertama, sedangkan sisanya akan tampil pada hari Minggu (11/6) mulai pukul 13.00 WIB," katanya.

Ia mengatakan, selain dapat disaksikan secara langsung di Lapangan Baratan, Candibinangun, Festival Bregada ini juga bisa disaksikan secara daring melalui YouTube milik Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Sleman.

"Bregada yang telah tampil pada hari ini diantaranya Bregada dari Kapanewon Pakem, Prambanan, Turi, Minggir, Moyudan, Kalasan, Mlati, Ngaglik, dan Godean," katanya.

Sedangkan pada Minggu (11/6) akan ditampilkan Bregada dari Kapanewon Cangkringan, Berbah, Depok, Seyegan, Tempel, Sleman, Gamping, dan Ngemplak.

Baca juga: Yogyakarta gelar Festival Bregada Rakyat pada Minggu
Baca juga: Raja-Ratu Belanda disambut pasukan berbaju adat nusantara


Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023