Dan digelar juga Festival Bregodo perwakilan dari 17 kapanewon (kecamatan)
Sleman, DIY (ANTARA) - Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyelenggarakan Festival Refleksi Jogja Masa Depan di Taman Budaya Pandowoharjo, Kapanewon (Kecamatan) Sleman dari 14 hingga 16 Oktober 2022.

"Penyelenggaraan Festival Refleksi Jogja Masa Depan dimaksudkan untuk melestarikan dan mengembangkan potensi seni yang dimiliki Kabupaten Sleman," kata Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman Edy Winarya di Sleman, Jumat.

Menurut dia, selain menjadi momen pembinaan bagi para seniman, festival ini juga memberikan kesempatan kepada pengrajin Sleman untuk memperlihatkan karyanya melalui gerai pameran.

"Selain pertunjukan kesenian, kegiatan ini juga menyuguhkan pameran pengrajin seni, pameran UMKM dan digelar juga Festival Bregodo perwakilan dari 17 kapanewon," katanya.

Ia mengatakan, Festival Refleksi Jogja Masa Depan diselenggarakan dari 14 hingga 16 Oktober 2022, mulai pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB.

"Masyarakat dapat menikmati beragam penampilan kesenian hingga pameran UMKM seperti gerai kuliner, tanaman hias, kerajinan, hingga koleksi barang antik," katanya.

Festival Refleksi Jogja Masa Depan, kata da, menjadi ajang renungan dan evaluasi atas tindakan yang telah dilakukan selama ini.

"Festival Ini turut menjadi upaya untuk memperbaiki masa depan, demi kemajuan Daerah Istimewa Yogyakarta," katanya.

Festival Refleksi Jogja Masa Depan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo pada Kamis (13/10) 2022 malam dengan pemukulan gong.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sleman menyampaikan ucapan selamat serta apresiasi terhadap pelaksanaan Festival Refleksi Jogja Masa Depan.

Bupati menilai, pelaksanaan festival kebudayaan menjadi salah satu agenda yang penting untuk dilestarikan.

"Budaya tak sekadar diartikan sebagai sebuah pertunjukan seni, namun juga mencakup ucapan serta perilaku yg ditunjukkan seseorang," katanya.

Menurut dia, sikap yang kita tunjukkan menjadi salah satu bagian dari budaya. Sehingga penanaman nilai-nilai luhur yang disampaikan melalui festival kebudayaan ini diharapkan bisa membentuk karakter kita, karakter generasi penerus bangsa untuk menjadi semakin lebih baik.

Bupati Sleman juga berharap, Festival Refleksi Jogja Masa Depan dapat menjadi media untuk melahirkan seniman-seniman berbakat, terutama di Kabupaten Sleman.

Terkait hal tersebut, Bupati Kustini turut memberikan dukungan agar Festival Refleksi Jogja Masa Depan dapat dilanjutkan pada tahun berikutnya.

Baca juga: Jogja International Heritage Festival 2022 angkat pelestarian keris

Baca juga: Jogja Tourism Festival wujudkan Yogyakarta destinasi terkemuka dunis

Baca juga: DIY gelar "Festival Jogja kota batik dunia"

Baca juga: "Jogja Asian Film Festival" kembali digelar



 
Festival Refleksi Jogja Masa Depan yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman di Gedung Kesenian Pandowoharjo, Sleman, Kamis (13/10/22) malam. FOTO ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022