Bus Selamet dari arah timur menuju barat tiba-tiba melewati pembatas jalan dan menabrak Bus Lorena yang melaju dari arah barat, sehingga kedua bus bertabrakan,"
Tegal (ANTARA News) - 50 penumpang luka parah  akibat tabrakan antar-bus yakni Bus Selamet dengan Lorena di jalur pantai utara (pantura) di Jalan Raya Kedung Kelor, Warureja, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Rabu pukul 04.00 WIB.

"Bus Selamet dari arah timur menuju barat tiba-tiba melewati pembatas jalan dan menabrak Bus Lorena yang melaju dari arah barat, sehingga kedua bus bertabrakan," kata seorang saksi mata, Slamet (49).

Akibat tabrakan antara bus Selamet bernomor polisi B 7926 XA dengan bus Lorena bernomor polisi B 7466 PV tersebut, puluhan penumpang, terutama penumpang bus Selamet, terluka dan kritis, sehingga mereka dilarikan ke Rumah Sakit Santa Maria Pemalang.

"Sebagian besar korban mengalami luka kepala, tangan, dan kaki, sehingga langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat," kata Slamet.

Proses evakuasi para penumpang mengalami kendala karena sebagian korban terjepit kursi bus, sehingga polisi dibantu warga sekitar lokasi kejadian harus berhati-hati mengangkat tubuh para korban.

Situasi lalu lintas di lokasi kejadian yang padat kendaraan, serta kondisi hujan, sehingga proses evakuasi berlangsung cukup lama.

Ia mengatakan, korban luka sebagian besar adalah penumpang bus Selamet, bahkan hampir seluruh penumpang berjumlah sekitar 50 orang mengalami luka berat.

Sementara itu, sopir bus Lorena, Tamto (32), mengaku sat kaget saat tiba-tiba bus Selamet yang melaju kencang dari arah timur berada pada jalur arah barat, sehingga meskipun rem tangan sudah ditarik maksimal, maka tabrakan tidak dapat dihindari.

"Saya sangat kaget katika tiba-tiba bus Selamet melompati trotoar di tengah jalan dan menabrak bus yang saya kemudikan," katanya.

Selama proses evakuasi berlangsung, kemacetan sepanjang sekitar tiga kilometer sempat terjadi di jalur tersebut, terutama arus kendaraan dari arah barat, namun sekitar pukul 05.00 WIB, arus kendaraan kembali normal.

Kondisi badan bus Selamet bagian depan hingga tengah hancur, sementara bus Lorena hanya mengalami ringsek pada bagian depan.
(ANT-281)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011