Awalnya saya mengira itu hanyalah debu dari jalan raya, tapi setelah dilihat lebih dekat ternyata lebih kesat dan berwarna kehitaman,"
Batusangkar, Sumbar (ANTARA News) - Semburan abu vulkanik Gunung Marapi yang berada di Kabupaten Tanahdatar dan Agam, Sumatera Barat sejak Sabtu pagi mencapai Batusangkar.

Siswanto (30), warga Batusangkar, Kabupaten Tanahdatar, mengaku dirinya sudah beberapa kali harus membersihkan sepeda motornya yang terkena abu vulkanik.

"Awalnya saya mengira itu hanyalah debu dari jalan raya, tapi setelah dilihat lebih dekat ternyata lebih kesat dan berwarna kehitaman," sebutnya.

Dia menambahkan, sepeda motor yang biasa ia parkir di depan tokonya di Pasar Batusangkar tidak pernah terkena abu seperti itu. "Tapi kali ini hampir seluruh permukaan kendaraan terkena abu berwarna kehitaman," katanya.

Gunung Marapi yang memiliki ketinggian 2.891 meter di atas permukaan laut (mdpl) menyemburkan abu vulkanik berbau belerang sejak 3 Agustus 2011 hingga ketinggian 1.000 meter dan menjangkau sejumlah daerah di Sumbar seperti Agam, Tanahdatar, Padangpariaman, dan Padangpanjang.
(ANT-275)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011