Ambon (ANTARA News) - Pramuka siaga, penegak dan pendega kwartir daerah Maluku akan melakukan kegiatan bakti sosial sebagai upaya mendukung program "Jumat Bersih" yang dicanangkan Pemerintah Kota Ambon.

"Kita akan melakukan kegiatan bhakti sosial Jumat (14/10) bersama aparat TNI dengan melakukan kerja bhakti di berbagai sudut kota selama sehari," kata Wakil Ketua harian Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan pramuka Maluku, Jopy Patty, di Ambon, Kamis.

Selain kegiatan bakti sosial yang melibatkan ribuan siswa SD-SMA yang menjadi anggota Pramuka, mereka juga akan mendaur ulang sampah agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang berdampak pada kesehatan manusia.

Menurut Patty, kegiatan kebersihan serta pendauran ulang sampah adalah rangkaian kegiatan kirab pataka tunas kelapa, dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) Gerakan Pramuka ke 50.

"Sebenarnya HUT Gerakan Pramuka jatuh pada 14 Agustus 2011, tapi berhubung bulan puasa sehingga diundur Oktober ini," ujar Patty.

Ia mengatakan, dalam rangka HUT Gerakan Pramuka 2011, Pramuka kwartir daerah Maluku melaksankan kegiatan kirab pataka tunas kelapa, yang berlangsung lima hari dari 10-15 Oktober 2011, sedangkan kegiatan secara umum di Indonesia sudah berlangsung sejak tanggal 1 - 28 Oktober 2011.

Peserta inti kirab pataka tunas kelapa Maluku berjumlah 17 orang, yang diikuti oleh ratusan sampai ribuan anggota gerakan Pramuka.

Maluku masuk pada titik ke enam bersama Papua dan Papua Barat dari delapan titik di Indonesia pada kegiatan kirab pataka tunas kelapa, sedangkan titik pertama di Aceh.

"Pataka tunas kelapa ini akan diarak dari Maluku menuju Makasar (Sulsel), Surabaya (Jatim), dan berakhir di Jakarta pada 28 Oktober 2011.

Ia menjelaskan, pataka tunas kelapa dari Papua tiba di Ambon pada 10 Oktober melalui Bandara Internasional Pattimura Ambon dan langsung digiring ke Masohi, (Maluku Tengah) melalui desa Tulehu, Kecamatan Salahutu (Pulau Ambon) Kabupaten Maluku Tengah dan berlanjut ke Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat.

Nantinya kirab pataka ini akan digiring ke tiga wilayah kecamatan di Kota Ambon pada Jumat (14/10) untuk kerja bakti, yang dijadwalkan berakhir di depan taman Gong Perdamaian pada Minggu (16/10) dengan tambahan acara deklarasi perdamaian," ujar Patty.  (ANT-184/J007)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011