Meski sebagian orang menilai aneh-aneh karena tampilan mereka yang nyentrik, tapi keberadaan para relawan itu sejatinya cukup membantu pemudik
Brebes, Jawa Tengah (ANTARA) - Sejumlah organisasi masyarakat (ormas) dan organisasi kepemudaan membantu upaya pengaturan lalu lintas di jalan utama Jalur Pantura ruas Semarang, Jawa Tengah- Jakarta, yang dilintasi kendaraan pemudik Lebaran 2024.

Berdasarkan pantauan, Senin, tampak anggota ormas seperti Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor), Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Nahdlatul Ulama, Gugus Pramuka, hingga Kelompok Pencinta Alam (KPA), dengan sigap mengatur lalu lintas setiap persimpangan jalan.

Para pemudik akan banyak menjumpai para relawan lalu lintas tersebut saat melintas mulai dari wilayah Kendal, Brebes, Pemalang, Tegal, Cirebon, Indramayu, Cikampek hingga, Karawang.

Keberadaan relawan lalu lintas tersebut mendapat respons positif dari pemudik karena merasa terbantu ketika terjadi penyesuaian jalur, sehingga tidak melintas di jalan yang salah.

Baca juga: Lewat Karya Bakti Lebaran, Gerakan Pramuka bantu masyarakat saat mudik

“Meski sebagian orang menilai aneh-aneh karena tampilan mereka yang nyentrik, tapi keberadaan para relawan itu sejatinya cukup membantu pemudik,” kata Arif (50) pemudik asal Jakarta yang ditemui saat beristirahat di bahu jalan kawasan Brebes.

Menurut Arif, anaknya menjadi salah satu orang yang merasakan manfaat bantuan dari relawan itu. Bapak dan anak yang berkendara dengan sepeda motor itu sempat salah masuk ruas jalan.

“Tujuannya melintas ke kawasan Bumiayu, namun keluarnya ke arah yang salah, ada penyesuaian. Tanya ke relawan dan petugas lalu dibantu diarahkan,” ujarnya.

Baca juga: Ormas hingga Satpol PP akan jaga Jakarta Barat selama libur Lebaran

Kepala Kepolisian Resor Brebes AKBP Guntur M Tauriq mengatakan pihaknya melakukan sejumlah penyesuaian atau rekayasa arus lalu lintas untuk menciptakan kelancaran arus mudik yang volume nya terus meningkat hingga H-2 Lebaran.

Untuk itu personel gabungan telah disiagakan menempati lokasi-lokasi berpotensi kepadatan mulai dari akses keluar masuk tol, persimpangan jalan, hingga termasuk kawasan padat penduduk.

Ia menyatakan personel gabungan itu diantaranya merupakan para kerelawanan yang bersedia membantu petugas Operasi Ketupat Candi tahun ini dalam melaksanakan tugas pelayanan kepada masyarakat, khususnya pemudik di wilayah Brebes, Jawa Tengah.

Baca juga: Lalu lintas di Jalan Kaligawe Semarang arah Pantura lancar

Pewarta: M. Riezko Bima Elko Prasetyo
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024