Cirebon (ANTARA) - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cirebon, Jawa Barat, menyebutkan ribuan kendaraan pemudik dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah masih memadati ruas jalur arteri di Jalur Pantura di wilayahnya pada H-2 Lebaran 2024.

Petugas Dishub Kota Cirebon Libo Widi di Cirebon, Senin, mengatakan hasil perhitungan sampai pukul 12.00 WIB terdapat sekitar 19.658 kendaraan telah melintasi jalur arteri Pantura di Kota Cirebon.

“Dari jumlah itu kendaraan pemudik yang paling mendominasi arus lalu lintas di arteri Kota Cirebon adalah sepeda motor dengan jumlah sekitar 17.976 unit kendaraan,” katanya.

Meski masih padat, kata dia, namun pergerakan pemudik di Jalur Pantura itu tidak sebanyak pada H-3 Lebaran. 

“Sejauh ini lonjakan kendaraan tertinggi terjadi pada H-3 Lebaran, jumlahnya sebanyak 121.854 unit kendaraan baik roda empat maupun roda dua,” ujarnya.

Libo menyebutkan kondisi arus lalu lintas pada H-2 Lebaran secara umum terpantau ramai lancar dan kendaraan dapat melaju tanpa tersendat.

Menurut dia, kondisi semacam ini akan terus terjadi mendekati momen Lebaran 2024 dengan sepeda motor yang masih mendominasi arus lalu lintas di arteri Pantura.

“Secara umum kondisinya masih terkendali hingga sekarang,” katanya.

Sementara itu Ade Sakti, pemudik asal Brebes, Jawa Tengah, menyampaikan bahwa laju kendaraan yang dikemudikannya tidak mengalami hambatan selama melintasi ruas Jalur Pantura khususnya di Cirebon.

“Kalau sekarang selama perjalanan tidak ada hambatan, jadi bisa mengalir lancar,” katanya.

Baca juga: Jalur Pantura Semarang-Jakarta ramai lancar selama "one way" jalan tol

Baca juga: Pemudik bermotor padati jalan arteri Karawang hingga jalur Pantura


Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024