Nanti kita akan cari solusi apabila terjadi macet yang krusial (di jalur arteri pantura)
Cirebon (ANTARA) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pemerintah sedang menyusun strategi untuk mengantisipasi adanya potensi kepadatan kendaraan di jalur arteri pantai utara (pantura), pada arus balik setelah Idul Fitri 2024.

“Nanti kita akan cari solusi apabila terjadi macet yang krusial (di jalur arteri pantura),” kata Menhub saat memberikan keterangan di Cirebon, Jawa Barat, Selasa.

Untuk mempersiapkan strategi itu, Menhub melakukan peninjauan langsung ke beberapa titik khususnya dari Cirebon hingga Karawang guna melihat situasi terkini terkait arus lalu lintas pada H-1 Lebaran.

Menurutnya, dalam tinjauan tersebut akan dikumpulkan informasi terkait dampak dari penerapan sistem one way di ruas tol terhadap kondisi pergerakan kendaraan di jalur arteri.

Kemudian, hasil tinjauan itu digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam melalukan langkah antisipasi pada arus balik Lebaran nanti.

“Saya akan ke beberapa titik, Polres terutama karena kita tahu kepolisian dan dinas perhubungan sudah bekerja keras. Saya ingin mendapatkan insight apa yang harus dilakukan,” ujarnya.

Menhub menyatakan untuk situasi sekarang, pergerakan pemudik di jalur arteri terpantau landai karena puncak arus mudik sudah terlewati.

“Berkaitan dengan jalur arteri, justru saya ke sini (Cirebon) mau memastikan bahwa itu berjalan baik. Tapi sejauh ini kita lihat tidak begitu crowded. Memang menjadi kewajiban kita untuk memastikan perjalanan itu lancar,” tuturnya.

Selain jalur arteri, kata Budi, pemerintah pun akan melakukan percepatan untuk mengurangi potensi hambatan di Pelabuhan Merak, Banten saat arus balik nanti.

“Hari ketiga Lebaran kita ke sana. Kita akan koordinasi dengan kepolisian, pemerintah daerah dan lainnya untuk memastikan berjalan dengan baik,” katanya lagi.

Menhub menjamin seluruh upaya akan dikerahkan agar perjalanan masyarakat selama periode Lebaran 2024, dapat berjalan aman dan lancar.

“Saat mudik ini, masyarakat juga letih dan pengennya sampai aja. Berkecenderungan ingin buru-buru. Oleh karenanya saya ingin mengimbau, bagi masyarakat yang berkendara sendiri lakukan persiapan yang matang,” ucap dia.

Baca juga: Menhub: "Contraflow" dibutuhkan demi kelancaran arus mudik dan balik
Baca juga: Kakorlantas Polri tetap terapkan "contraflow" dengan catatan evaluasi
Baca juga: Dishub: Pelabuhan Panjang dapat tambahan kapal saat arus balik Lebaran


Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024