Banten (ANTARA) -
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyanjung pemudik bersepeda motor di Pelabuhan Ciwandan, Cilegon karena dinilai paling menuruti waktu tunggu sekitar 15 menit sejak kendaraan datang, parkir di tempat tunggu, dan menaiki kapal penyeberangan, sehingga pelayanan kepada mereka dapat diberikan dengan mulus.

"Apresiasi juga saya berikan kepada pemudik motor, ini paling mulus. Mereka menurut banget semua yang di Ciwandan. Sehingga mereka juga mendapatkan layanan hanya 15 menit langsung masuk sekarang," kata Budi saat ditemui di Cilegon, Banten, Minggu.
 
Pelabuhan Ciwandan merupakan pelabuhan kargo, yang diperbantukan untuk mendukung Pelabuhan Merak melayani pemudik bersepeda motor menyeberangkan kendaraan dan penumpangnya ke Bakauheni, Lampung, selama musim mudik Lebaran.

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Persero), Arif Suhartono mengatakan persiapan yang dilakukan perusahaan di Pelabuhan Ciwandan.
Di antaranya mempersiapkan area transit (buffer area) bagi sepeda motor seluas 7.000 meter persegi dengan kapasitas 2.000 unit, serta area transit (buffer area) bagi truk seluas 25.000 meter persegi dengan kapasitas 200 unit yang digunakan sementara untuk mendukung angkutan Lebaran 2024.
 
"Kami dari Pelindo selaku penyedia jasa pelabuhan akan selalu berkomitmen untuk memastikan masyarakat dapat terlayani dengan baik," kata Arif.

Baca juga: KAI Daop 8 catat puncak arus mudik di Stasiun Malang pada 6 April

Executive Director 2 Pelindo Regional 2 Drajat Sulistyo menyampaikan, sejak 3 April sampai 7 April 2024 pukul 08.00 WIB, Pelabuhan Ciwandan tercatat telah memberangkatkan kendaraan roda dua sebanyak 33.956 unit dan truk sebanyak 3.026 unit.

Pelindo juga menyiapkan petugas pandu dua orang yang bertugas secara bergantian dan dua unit kapal tunda, dan didukung pula sebanyak dua unit kapal tunda dari badan usaha pelabuhan lain.

Selanjutnya fasilitas pendukung juga disiapkan pihak operator jasa penyeberangan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero).

Di antaranya posko tenda bersama untuk aparat keamanan, toilet umum, ruang P3K, tenda UMKM, pusat informasi, ruang tunggu penumpang, ruang bermain anak, ruang menyusui, musholla dan pos kesehatan yang didukung dari instalasi air dan listrik PT Pelindo (Persero) Regional 2 Banten.

Kegiatan angkutan lebaran di Pelabuhan Ciwandan juga didukung Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Banten yang menurunkan petugas kesehatan dan satu unit ambulans.

Kemudian dukungan pelayanan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banten, Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan Banten, Polres Cilegon dan Polda Banten serta Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Banten.
 
Sementara dalam data Posko Bakauheni 24 jam tercatat, jumlah kapal yang beroperasi penyeberangan rute Ciwandan-Bakauheni terdapat sembilan unit kapal dengan total pelayanan mencapai 19 trip.
 
Adapun pada rute Ciwandan-Bakauheni saat ini jumlah reservasi tiket daring sepeda motor dari H-7 hingga H-1 masih berada di angka 50.806 unit atau sebesar 79 persen dari total kuota yang tersedia.

Adapun tingkat reservasi pada H-4 tembus hingga 98 persen dari total kuota tersedia, didominasi sepeda motor sebanyak 16.450 unit dan 397 unit truk logistik.

Baca juga: Pangdam IM tinjau kesiapan mudik Lebaran di Pelabuhan Ulee Lheue.
Baca juga: Program mudik gratis Kemenhub bermanfaat bagi masyarakat

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024