Film itu akan mencakup video, siaran untuk pertama kalinya dan berjudul `Pesan pada rakyat Amerika` -- yang direkam oleh Sheikh Anwar sebelum kematiannya,"
Aden (ANTARA News) - Sebuah kelompok garis keras di Yaman hari Rabu mengumumkan akan adanya pembuatan  film untuk mendokumentasikan kehidupan  warga AS yang paling diburu,   Anwar al-Awlaqi.  Film itu juga akan memuat pesan baru dari al-Awlaqi untuk warga AS.

Kelompok Partisan Syariah, kelompok yang diduga memiliki hubungan dengan Al Qaida, mengatakan  film mengenai Awlaqi itu akan dibuat dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris, mengenai perannya dalam menghidupkan kembali ritual jihad di hati banyak pemuda Muslim, khususnya dalam masyarakat Arab.

Anwar al-Awlaqi, yang merupakan warga AS pertama yang dicari untuk dilenyapkan, tewas pada 30 September lalu dalam serangan udara di Yaman.

Film itu akan diproduksi oleh Sada al-Malahem, tangan media Al Qaida di Semenanjung Arab (AQAP), kata kelompok garis keras itu tanpa memberitahukan kapan film tersebut akan dirilis.

"Film itu akan mencakup video, siaran untuk pertama kalinya dan berjudul `Pesan pada rakyat Amerika` -- yang direkam oleh Sheikh Anwar sebelum kematiannya," kata pernyataan itu, yang dibagikan di desa Rawda, sebuah markas Al Qaida di provinsi Shabwa di bagian timur Yaman.

Para pejabat intelijen AS yakin Awlaqi terkait dalam kasus penembakan yang dilakukan seorang mayor militer AS yang menewaskan 13 orang di Fort Hood, Texa. Awlaqi juga diduga terlibat "mencuci otak"seorang mahasiswa Nigeria untuk meledakkan sebuah pesawat AS  pada 25 Desember 2009.
(S008)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011