Jayapura (ANTARA News) - Sejumlah pusat perbelanjaan di Abepura memilih tutup ketika massa Komite Nasional Papua Barat (KNPB) menggelar aksi demonstrasi yang akan menuju Taman Imbi, Kota Jayapura.

Dari pantauan di Abepura, Senin, massa yang terdiri dari ratusan bahkan ribuan mahasiswa dan warga sipil melintas di sejumlah pusat perbelanjaan seperti Toko Citra, Saga Mall Abepura, Mega Supermarket, pusat perbelanjaan Maspul. Mereka kemudian memilih untuk menutup toko.

"Untuk sementara kami tutup," kata salah satu karyawan Maspul, M Amir. Ia dan sejumlah karyawan lainya diminta menutup tempat usaha oleh pemiliknya karena takut akan terjadi tindakan kekerasan.

Jhony salah satu supir angkutan jurusan Kotaraja-Pasar Youtefa mengatakan ia bersama sejumlah supir lainya memilih tidak "narik" hingga massa pendemo menuju Kota Jayapura. "Kami memilih istirahat sejenak, setelah massa pendemo ke Jayapura," katanya.

Tutupnya sejumlah pusat perbelanjaan di Abepura, bisa dilihat juga pada sejumlah fasilitas umum lainya seperti Kantor Pos Abepura, Bank Papua, dan Pompa bensin Kotaraja. Hingga berita ini diturunkan, situasi kota Jayapura tergolong kondusif.

Massa pendemo KNPB sedang melakukan long march ke Taman Imbi, Kota Jayapura menuntut referendum.
(ANT)







Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011